Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Perkiraan Tagihan Listrik lewat PLN Mobile

Kompas.com - 28/01/2024, 13:46 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pelanggan pascabayar, atau yang membayar listrik secara bulanan setelah pemakaian, kini bisa mengecek penggunaan listrik secara berkala di PLN Mobile. Lewat pengecekan ini maka bisa diketahui perkiraan tagihan listrik yang harus dibayar. 

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto mengatakan, melalui fitur 'Catat Meter' secara mandiri yang tersedia di aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat mengetahui perkiraan pemakaian listrik setiap bulannya, sebelum tagihan resmi keluar.

"Untuk pencatatan meter mandiri bisa dilakukan antara tanggal 23 sampai 27 setiap bulannya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (28/1/2024).

Baca juga: Cara Mudah Bayar Tagihan Listrik PLN via myBCA

Ilustrasi tarif listrik. Tarif listrik per kWh mulai Januari-Maret 2024.Shutterstock/Sunshine Studio Ilustrasi tarif listrik. Tarif listrik per kWh mulai Januari-Maret 2024.

Dengan pelanggan mengetahui estimasi tagihan listrik lebih awal, maka selanjutnya bisa mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan.

Selain itu, dengan fitu 'Catat Meter Mandiri' ini, privasi pelanggan juga lebih terjaga, karena petugas PLN tidak perlu masuk ke halaman rumah untuk melakukan pencatatan meter di kWh meter.

Adapun layanan 'Catat Meter Mandiri' di PLN Mobile ini sudah mengikuti perhitungan yang didasarkan pada 40 jam nyala, baik tarif blok dan rekening minimum sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016.

Menurut Gregorius, pelanggan tidak perlu khawatir akan kesulitan melakukan pencatatan meter mandiri melalui fitur tersebut. Lantaran, langkah-langkah membaca meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile sangat mudah, berikut tahapannya. 

Baca juga: Cara Bayar Tagihan Listrik Lewat Gojek

  1. Buka aplikasi PLN Mobile
  2. Pilih menu Catat Meter
  3. Pilih mulai swacam dan foto angka stand meter yang ada di kWh meter
  4. Pilih ID Pelanggan
  5. Masukkan angka stand meter
  6. Kirim

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com