Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumber Kekayaan Bernard Arnault, Bos Louis Vuitton yang Menyalip Harta Bos Tesla

Kompas.com - 29/01/2024, 18:41 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber Forbes

NEW YORK, KOMPAS.com - Bos Louis Vuitton, Bernard Arnault berhasil menyalip jumlah kekayaan bersih Elon Musk yang merupakan bos Tesla. Dengan demikian, Bernard Arnault masuk ke posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia.

Sebelumnya, posisi pertama ditempati oleh Elon Musk. Berdasarkan Forbes real time billionaires, harta Bernard Arnault saat ini berjumlah 207,6 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 3.284 triliun (kurs Rp 15.820 per dollar AS).

Sementara itu, jumlah kekayaan bersih Elon Musk saat ini sebesar 204,7 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 3.274 triliun.

Lalu, dari mana saja sumber kekayaan Bernard Arnault?

Baca juga: Beli Hotel Mewah di China, Sukanto Tanoto Ternyata Orang Terkaya Nomor 12 di RI dengan Jumlah Kekayaan Rp 49,6 Triliun

Bernard Arnault merupakan pemilik gurita bisnis fashion ternama di dunia. LVMH adalah salah satu merek yang paling terkenal dari bisnis Bernard Arnault.

Pria kelahiran 1949 sejauh ini memiliki 75 merek fesyen dan kosmetik, termasuk juga brand besar seperti Louis Vuitton dan Sephora.

Pada 2021, LVMH mengakuisisi perusahaan perhiasan Amerika Tiffany & Co pada tahun dengan nilai investasi sebesar 15,8 miliar dollar AS, dan menjadi akuisisi merek mewah terbesar yang pernah ada.

Perusahaan induk Arnault, Agache juga mendukung modal ventura bagi perusahaan lewat Aglae Ventures. Perusahaan tersebut memiliki investasi dalam bisnis seperti Netflix dan perusahaan induk TikTok, ByteDance.

Di sisi lain, ayah Bernard Arnault, Jean Leon Arnault, menghasilkan banyak uang di bidang konstruksi. Arnault memulai kariernya dengan mengeluarkan 15 juta dollar AS dari bisnis itu untuk membeli Christian Dior pada tahun 1984.

Kelima anak Arnault semuanya bekerja di LVMH. Pada Juli 2022, ia mengusulkan reorganisasi perusahaan induknya, Agache, untuk memberi mereka saham yang setara.

Baca juga: Salip Elon Musk, Bernard Arnault Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com