Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Memorial Park", Cek Progres Pembangunan IKN per Januari 2024

Kompas.com - 30/01/2024, 14:17 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan progres pembangunan IKN Tahap 1 telah mencapai 71,47 persen. Adapun pembangunan Tahap 1 termasuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) ditargetkan selesai pada 2024. 

Dalam bahan paparannya, Kepala OIKN Bambang Susantono mengungkapkan, pembangunan IKN Tahap 1 ini meliputi Istana Presiden dan lapangan upacara yang saat ini progresnya telah mencapai 54,07 persen, Sumbu Kebangsaan fase 1 telah 96,41 persen.

Sementara pembangunan Bendungan Sepaku Semoi untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di IKN telah selesai 100 persen.

Baca juga: Bank Mandiri Bakal Groundbreaking Kantor Baru di IKN 1-2 Bulan Lagi

"Misalnya untuk Istana Presiden, ini kalau mau seeing is believing, datang ke sana lihat. Kemudian Sumbu Kebangsaan, di mana nanti kita akan upacara insyaAllah 17 Agustus itu sudah mendekati 100 persen," ujarnya saat acara FMB9 di Gedung Kominfo, Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Selanjutnya, dia mengungkapkan di Sumbu Kebangsaan juga akan dibangun Memorial Park untuk tempat penghargaan bagi para pahlawan atau tokoh yang berjasa bagi bangsa dan negara. Di dalam Memorial Park ini akan dibangun patung Presiden dan Wakil Presiden RI yakni Soekarno dan Hatta.

"Memorial Park itu tempat di mana kita melakukan misalnya penghargaan kita kepada para pendiri RI. Biasanya kan kalau di Jakarta, kalau ada kunjungan tamu negara akan membawa bunganya terus ditaruh di Taman Makam Pahlawan. Di sana di mana? Belum ada nih," ucapnya.

Baca juga: Bakal Mulai Digunakan Agustus, Rute Kereta Otonom di IKN Masih Dikaji

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan infrastruktur dasar di IKN telah rampung dibangun pada tahun ini.

Beberapa infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 yakni untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan beberapa jaringa jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN.

Sedangkan untuk air bersih, tengah diselesaikan Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku. Selanjutnya juga ditargetkan penyelesaian Sistem Penyediaan Air Minum termasuk jaringan distribusinya ke beberapa kawasan di IKN pada 2024.

Baca juga: Jalan Tol IKN Tahap 1 Ditargetkan Rampung dan Fungsional Juli 2024

Sementara untuk konektivitas, tengah diselesaikan pembangunan Jalan Tol menuju ke KIPP IKN. Untuk tahap pertama, jalan tol yang akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar 2 jam menjadi kurang dari 1 jam.

Pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan terdapat pada tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer (km), Seksi 38 KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

Baca juga: Menhub Targetkan Kereta Otonom di IKN Mulai Beroperasi Agustus 2024

Seksi 2 Jalan Tol IKN adalah bagian dari Tol Balsam. Sedangkan untuk di seksi 4 disiapkan pembangunan terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. Selain itu di seksi 4 juga disediakan dua lintasan satwa berupa terowongan pendek.

Kementerian PUPR juga telah memulai pembangunan IKN tahap kedua yaitu meliputi proyek-proyek yang penandatanganan kontraknya dimulai pada April-Mei 2023 seperti gedung kementerian koordinator 2 dan rumah rusun ASN IKN.

Baca juga: IKN Mengusung Bangunan Cerdas, PUPR: Bukan Coba-coba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com