Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Jalan Tol IKN Tahap 1 Ditargetkan Rampung Juli 2024

Kompas.com - 19/01/2024, 21:25 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap 1 dapat diselesaikan pada Juli 2024.

Hal tersebut diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau jaringan jalan menuju IKN yang akan menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (18/1/2024).

Basuki mengimbau agar para pekerja memperhatikan dan memastikan kualitas bangunan jalan. Sebab, Jalan Tol IKN ini harus lebih baik kualitasnya dibandingkan jalan tol lain yang sudah dibangun sebelumnya.

Baca juga: Kisah Edy, Jual Bakso Pentol di Tengah Proyek Triliunan Rupiah Bernama IKN

Jalan Tol IKN KKT Kariangau-Sp TempadungWIKA Jalan Tol IKN KKT Kariangau-Sp Tempadung

"Pada Juli 2024 harus sudah selesai untuk Tahap 1 dan bisa dioperasikan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (19/1/2024).

Adapun pembangunan Jalan Tol IKN tahap 1 ini terdiri dari 3 seksi yang ditargetkan rampung dan fungsional pada Juli 2024.

Saat ini progres masing-masing ketiga seksi jalan tersebut, yaitu Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer (km) dengan progres 48 persen, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan proges 57 persen, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 67 persen.

Sementara untuk seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI saat ini juga sudah dimulai pengadaan tanah dan konstruksinya dengan progres 4,8 persen pada Seksi 6A dan 17,5 persen pada Seksi 6B.

Baca juga: Krakatau Sarana Properti Tertarik Ekspansi ke IKN, Bangun Kawasan Logistik

Sebagai informasi, Jalan Tol IKN ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju KIPP IKN yang semulanya apabila melewati Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 dengan jarak 95 km, menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.

Pada jalan tol ini juga ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan di sepanjang sisi kanan-kiri jalan, sesuai prinsip IKN sebagai kota hutan dan kota pintar (smart forest city).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com