Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi Kereta Otonom di IKN Masih Dikaji, OIKN: Regulasinya Paling Penting

Kompas.com - 30/01/2024, 19:04 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) masih terus mengkaji pengimplementasian kereta otonom (Autonomous-rail Rapid Transit/ATR) di IKN, Kalimantan Timur, terutama mengenai regulasinya.

Juru Bicara OIKN Troy Pantouw mengatakan regulasi mengenai kereta otonom ini harus disusun mengingat transportasi umum dengan teknologi ART belum pernah ada di Indonesia sebelumnya.

Oleh karenanya, OIKN bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berkomunikasi untuk mempelajari kemungkinan teknologi ART ini dapat diterapkan di IKN.

Baca juga: Daftar Proyek yang Dibangun di IKN pada Groundbreaking 1-4, Total Investasi Rp 47,5 Triliun

"Semua sedang dipelajari pada saat ini. Sudah duduk bersama sih dengan Kemenhub, dilihat kemungkinannya bagaimana plus regulasinya yang paling penting, regulasi pendukungnya," ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Lantaran untuk merealisasikan kereta otonom di IKN masih dibahas, Troy juga belum dapat memastikan kereta ini bisa digunakan Agustus mendatang sesuai dengan target Kemenhub.

"Belum, belum ada sampai sedetail itu. Masih berproses. Seperti tadi disampaikan Pak Bambang (Kepala OIKN) kan ada beberapa hal yang masih proof of concept," ucapnya.

Baca juga: Ada Memorial Park, Cek Progres Pembangunan IKN per Januari 2024

Demikian juga mengenai armada kereta otonom yang akan digunakan di IKN, dia mengaku belum dapat memastikan akan menggunakan produk ART dari China ataupun negara lain.

"Belum ada. Semuanya masih dilihat kemungkinannya," kata Troy.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan sebagian rute Kereta Otonom ini dapat digunakan pada Agustus 2024.

Hal ini diungkapkan Menhub ketika meninjau bakal lokasi pembangunan Kereta Otonom atau ART di IKN. Adapun kereta otonom nantinya akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur.

Baca juga: Bank Mandiri Bakal Groundbreaking Kantor Baru di IKN 1-2 Bulan Lagi

"Ditargetkan pada bulan Agustus sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya," kata Menhub dalam keterangan tertulis, Rabu (24/1/2024).

Pada 12 Januari kemarin, Menhub telah menyatakan minat pemerintah untuk mengoperasikan satu set kereta otonom buatan CRRC Corporation Limited (China Railway Rolling Stock Corporation) di IKN kepada pihak CRRC.

Pihak CRRC dikabarkan akan membawa unit Kereta Otonom ke Indonesia, sebagai etalase pameran yang akan diselenggarakan di IKN sekitar Juli 2024. Ini menjadi ajang demonstrasi kemampuan dari kereta otonom.

Sebagai informasi, jika kereta otonom berhasil direalisasikan di IKN maka Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi ART. Adapun ART ini sudah diterapkan di berbagai negara, antara lain Hongkong, Maroko, Belanda, dan China.

Baca juga: Bakal Mulai Digunakan Agustus, Rute Kereta Otonom di IKN Masih Dikaji

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com