Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian BUMN Target Sebar 80 Vending Machine Produk UMKM di Bandara hingga Kapal

Kompas.com - 30/01/2024, 18:15 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan setidaknya tersedia 80 fasilitas mesin penjual atau vending machine produk UMKM di tahun ini.

Mesin ini akan disebar di ruang-ruang publik seperti bandara, kantor BUMN-BUMN, hingga kapal.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, penempatan vending machine di ruang publik menjadi salah satu strategi perusahaan pelat merah dalam menyediakan akses pasar bagi pelaku UMKM.

Baca juga: Riset INDEF Sebut Program Pelatihan Digital Shopee Terpopuler di Kalangan UMKM

Vending machine UMKM di Stasiun Gondangdia Jakarta PusatDok Pertamina Vending machine UMKM di Stasiun Gondangdia Jakarta Pusat
"Target kita 80 (vending machine) di seluruh BUMN. Nanti ada di bandara, stasiun kereta, pelabuhan, kantor-kantor BUMN. Kita juga ingin Pelni adakan di kapal," ujarnya saat meresmikan vending machine di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (30/1/2024).

Adapun saat ini sudah terdapat enam vending machine produk UMKM yang tersedia di kantor Kementerian BUMN, stasiun, dan bandara.

Tiga di antaranya diresmikan pada hari ini yang ditempatkan di Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Ketiganya merupakan vending machine yang dikelola PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, dan PT PLN (Persero).

Sementara tiga lainnya sudah tersedia di Kementerian BUMN yang dikelola PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, di Stasiun Gondangdia yang dikelola PT Pertamina (Persero), dan di Stasiun Gambir dikelola oleh PLN.

Baca juga: Riset INDEF: Shopee Jadi Platform Pilihan UMKM untuk Jualan Online

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com