Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan AI, Produktivitas Solusi Retur Instan Blibli Naik Hampir 50 Persen

Kompas.com - 30/01/2024, 21:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan maupun algoritma machine learning (ML) sudah menjadi salah satu kunci efisiensi dan peningkatan layanan bisnis.

Bahkan sejak beberapa tahun terakhir, Indonesia telah diprediksi akan memperoleh dampak ekonomi hingga Rp 5.596 triliun lewat penggunaan AI. Angka ini merupakan yang tertinggi di ASEAN.

Salah satu tantangan yang dihadapi Blibli sebagai pelaku industri e-commerce Indonesia adalah menjaga kepuasan pelanggan di fase purnajual. Untuk itu, Blibli melakukan inovasi bisnis dengan penerapan teknologi AI dan ML pada proses retur barang secara instan.

Baca juga: Blibli Hadirkan Promo Pre-Order Samsung Galaxy S24

Ilustrasi belanja online.DOK. freepik.com. Ilustrasi belanja online.

Pada fase purnajual, konsumen kerap bingung dengan mekanisme pengembalian barang yang benar, aman dan nyaman, serta kesulitan mencari informasi tentang hal tersebut.

Blibli terus memperkuat strategi hi-tech dan hi-touch yang berstandar global dalam optimalisasi pengalaman purnajual pelanggan. Pada fase ini, Blibli menerapkan teknologi AI dan ML ditandai dengan hadirnya Solusi Retur Instan melalui website maupun aplikasi Blibli.

“Blibli melakukan ekstensifikasi AI dan ML untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Dengan Solusi Retur Instan ini, pelanggan Blibli akan dimudahkan saat melakukan pengembalian barang sesuai ketentuan," kata Azizah Purwitasari, Head of Business Process Transformation Blibli dalam keterangan tertulis, Selasa (30/1/2024).

"Cukup mengikuti panduan pada form yang muncul di aplikasi dan website Blibli, termasuk wajib melampirkan foto produk, maka teknologi AI Damage Product Detection akan melakukan pengecekan otomatis terkait kondisi barang yang ingin dikembalikan. Selanjutnya AI Auto Solution Recommendation akan menggunakan data hasil pengecekan tersebut beserta data riwayat belanja pelanggan dan ketentuan retur produk untuk memberikan solusi,” ungkap dia.

Baca juga: Cara Blibli Terapkan Pengamanan Data Berkelanjutan

Solusi Retur Instan untuk pengembalian barang ini dapat ditemukan pelanggan Blibli pada tahap pasca pembelian atau setelah transaksi selesai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com