Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Blibli Dorong Kinerja di Sisa Tahun Ini

Kompas.com - 10/10/2023, 20:40 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli.com terus mendorong kinerja di sisa 2023. CFO BELI Ronald Winardi mengatakan pihaknya yakin akan mencatatkan kinerja top line yang lebih baik di tahun ini. Untuk itu, pihaknya menerapkan beberapa strategi di sisa 2023.

“Melihat periode semester I-2023, kami yakin dan percaya akan mencatatkan kinerja top line yang lebih baik di tahun ini. Dari sisi beban operasional, strategi efisiensi biaya yang diterapkan perseroan pada semester I-2023 menunjukkan kinerja yang positif di mana perseroan dapat mengoptimalisasi operational leverage,” kata Ronald secara virtual, Selasa (10/10/2023).

Sepanjang kuartal II-2023, Blibli.com mencatatkan pertumbuhan Total Processing Value (TPV) 34 persen secara tahunan menjadi Rp 18,8 triliun, dan pada semester I-2023 tumbuh 52 persen menjadi Rp 37,7 triliun.

Baca juga: FOMO Picu Konsumen Jadi Korban Kejahatan Siber, Blibli Kampanyekan VOMO sebagai Solusi

Adapun pendapatan neto konsolidasi juga bertumbuh sebesar 11 persen pada kuartal II-2023 menjadi Rp 3,9 triliun, sementara pada semseter I-2023 sebesar Rp 7,7 triliun atau naik 16 persen.

Hal ini menghasilkan marjin laba bruto konsolidasi yang lebih tinggi secara signifikan menjadi 15,5 persen pada kuartal II-2023 dan 15,3 persen pada semester I-2023, meningkat masing-masing sebesar 810 bps dan 690 bps secara tahunan.

Di sisi lain, struktur biaya terus membaik, terlihat dari persentase beban operasional konsolidasi terhadap TPV yang lebih rendah dari 11,5 persen pada kuartal II-2022 menjadi 7,7 persen pada kuartal II-2023. Sementara pada semester I-2022, TPV sebesar 12,3 persen, dan pada semester I-2023 menjadi 7,9 persen.

Baca juga: Ekosistem BliBli Tiket Genjot Penerapan ESG, Ini yang Dilakukan

“Perseroan mengupayakan optimalisasi saluran pemasaran di dalam ekosistem untuk memperhatankan pertumbuhan TPV. Namun, tetap dengan memperhatikan biaya pemrasaran agar lebih efektif dan lebih rendah. Kedepannya, masih banyak perbaikan untuk memperbaiki profitabilitas perseraon,” ungkapnya.

Ronald mengungkapkan untuk mendorong kinerja di sisa 2023, pihaknya juga akan melanjutkan strategi sebelumnya yang mampu mendorong kinerja pada kuartal I-2023 dan kuartal II-2023.

“Kami melihat apa yang telah kita lakukan dalam bentuk strategi, memberikan dampak positif di kuartal I, dan kuartal II-2023. Kami melihat revenue tetap tumbuh, gross provit meningkat signifikan, dan operating loss, serta EBITDA membaik,” jelas dia.

Baca juga: Ini Produk Terlaris di Blibli Annive12sary

“Untuk kuartal III dan kuartal IV kami akan teruskan hal-hal yang terbukti baik di kuartal I dan II. Kami akan mengoptimalisasi lagi bauran dari TPV kami sehingga menghasilkan gross provit yang lebih baik,” tambahnya.

Di sisi lain, dalam upaya melakukan efisiensi biaya, BELI melakukan improvement pada produktivitas, baik dalam fixed cost maupun variable cost. Dia juga memastikan optimalisasi ekosistem, serta memaksimalkan multiple kategori.

“Kami memiliki daily, weekly, mothly, dan annual product, dengan demikian kami dapat menekan biaya marketing kami, dan hal tersebut diharapkan dapat terlihat dalam result kuartal III dan IV,” tegas dia.

Baca juga: Cara Pre Order Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 di Blibli

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com