Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Termahal di AS Dijual Seharga Rp 4,6 Triliun

Kompas.com - 12/02/2024, 12:28 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Rumah termahal akan dijual di AS dengan harga 295 juta dollar AS atau Rp 4,6 triliun (Rp 15.618 per dollar AS) yang berada di Naples, Florida.

Rumah yang disebut dengan Gordon Pointe, tepatnya berada di sebuah kompleks seluas sekitar 9 hektar di Naples, Florida, di Gulf Coast, di kawasan makmur bernama Port Royal.

Adapun luasan properti tersebut adalah 11.500 kaki persegi, dengan enam kamar tidur. Selain itu ada dua wisma yang masing-masing seluas lebih dari 5.000 kaki persegi, sehingga totalnya menjadi 22.800 kaki persegi.

Baca juga: 74 Tahun, BTN Telah Salurkan KPR untuk 5,2 Juta Unit Rumah

Ketiga rumah tersebut berada di semenanjung yang memiliki tepi laut sepanjang 1.650 kaki, kolam kapal pesiar pribadi, dan dermaga berbentuk T.

Adapun harga banguan per kaki persegi yaitu senilai 12.900 dollar AS. Agen co-listing Leighton Candler dari Corcoran mengatakan bahwa nilai tersebut tidak terlalu bergantung pada ukuran tiga rumah besar di properti tersebut.

“Ini tentang privasi, bagian depan pantai, dan peluang langka untuk pengembangan signifikan. Properti ini dapat menampung lebih dari 200.000 kaki persegi pengembangan perumahan, yang berarti lahan tersebut memiliki banyak potensi yang belum dimanfaatkan,” kata Candler mengutip CNBC.

“Mungkin ada delapan rumah tepi laut di properti ini,” lanjut Candler.

Baca juga: Klaim Asuransi Melonjak, OJK Soroti Over Utilisasi Layanan Medis dan Obat di Rumah Sakit

Meskipun properti tersebut dapat dipecah-pecah setelah pembelian, broker yang berbasis di New York ini berspekulasi bahwa calon pembeli kemungkinan besar akan mempertahankan properti tersebut sebagai kompleks keluarga pribadi.

Sembilan hektar lahan tersebut terdiri dari lahan yang berdekatan, yang pertama dibeli pada tahun 1985 oleh John dan Rhodora Donahue.

John Donahue ikut mendirikan perusahaan manajemen investasi yang berbasis di Pittsburgh, yang sekarang dikenal sebagai Federated Hermes, dengan aset yang dikelola lebih dari 758 miliar dollar AS.

Setelah pembelian pertama pada tahun 1985, keluarga Donahue terus membeli lebih banyak wilayah di semenanjung tersebut dan tidak berhenti sampai mereka memiliki semuanya.

“Ini memberi keuntungan berada di sebuah pulau, tapi di Gordon Pointe keluarga kamu bisa terpencil tanpa merasa terisolasi,” ujar Candler.

Baca juga: BTN Prediksi Penjualan Rumah Tumbuh hingga 12 Persen Tahun Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com