Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pemilu 2024, Penumpang Kereta Api ke Bandung, Solo, hingga Surabaya Meningkat

Kompas.com - 12/02/2024, 19:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat volume penumpang kereta api meningkat 20 persen jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, sebanyak 108.218 tiket kereta api jarak jauh telah terjual hingga pagi tadi.

Para penumpang tersebut menuju berbagai daerah seperti Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, hingga Solo.

"Jumlah ini meningkat 20 persen dibandingkan kondisi normal yang rata-rata sekitar sebanyak 90.000 penumpang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (12/2/2024).

Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang selama masa Pemilu 2024 tepatnya 12-18 Februari 2024, KAI menyiapkan 1.502 kereta api jarak jauh atau rata-rata 214 perjalanan per hari.

Baca juga: KAI Terapkan Sistem War Tiket Kereta Api seperti Konser

Selain itu menjelang masa pemungutan suara pada Pemilu 2024, KAI juga mengintensifkan upaya pengamanan di area perkeretaapian untuk memastikan keselamatan pelanggan serta kelancaran operasional kereta api.

"Pelaksanaan pengamanan di stasiun dilakukan sesuai SOP serta menggunakan metal detector dan inspector mirror di stasiun-stasiun tertentu," ucapnya.

Kendati demikian, Joni memastikan, sejauh ini seluruh aktivitas layanan perkeretaapian berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berkaitan dengan kegiatan menjelang masa pemungutan suara Pemilu 2024.

Baca juga: Kapan Tiket Kereta Lebaran 2024 Bisa Dibeli?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com