Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih XL Axiata Naik 15 Persen Jadi Rp 1,28 Triliun Sepanjang 2023

Kompas.com - 12/02/2024, 21:12 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk (EXCL) mencatatkan kenaikan laba bersih sepanjang 2023 sebesar 15 persen menjadi Rp 1,28 triliun.

Pertumbuhan laba bersih tersebut ditopang oleh pendapatan perusahaan yang juga tumbuh 11 persen menjadi Rp 32,34 triliun sepanjang 2023.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, pencapaian tersebut ditopang oleh trafik data yang naik 21 persen YoY menjadi 9.638 Petabytes.

Hal ini mendorong kontribusi layanan Data dan Digital menjadi sebesar 91 persen dari total pendapatan, bersama dengan basis pelanggan yang berkualitas sebanyak 57,5 juta.

Baca juga: BTN Cetak Laba Bersih Rp 3,5 Triliun Sepanjang 2023

“Kami berhasil melalui tahun 2023 yang tidak mudah dengan kinerja yang sangat menggembirakan, dengan pertumbuhan pendapatan, EBITDA dan laba bersih mencapai double digit,” kata Dian dalam siaran pers, Senin (12/2/2024).

"Peningkatan sarana digital, kualitas infrastruktur jaringan, serta adopsi teknologi yang relevan di semua lini bisnis, telah mampu meningkatkan kualitas layanan dan mampu mendorong peningkatan trafik data, yang berkontribusi pada peningkatan ARPU menjadi Rp 43.000,” tambah dia.

Adapun EBITDA perseroan juga meningkat sebesar 12 persen YoY menjadi Rp 15,89 triliun, kemudian EBITDA margin juga meningkat menjadi 49,1 persen.

Dian menambahkan, keberhasilan kinerja di sepanjang 2023 juga tidak terlepas dengan upaya perusahaan untuk terus meningkatkan efisiensi di semua lini bisnis secara cermat.

Salah satunya, efisiensi pada pengeluaran untuk keperluan penjualan dan pemasaran (sales & marketing) yang mampu ditekan hingga 6 persen.

Sementara itu, Penurunan beban penjualan dan pemasaran (sales & marketing), didorong oleh peningkatan penggunaan sarana digital aplikasi MyXL dan AXISnet.

Hingga akhir tahun 2023, kedua aplikasi tersebut memiliki total pengguna aktif per bulannya hingga sebanyak 29 juta. Peningkatan jumlah pengguna aktif per bulan myXL dan AXISnet ini hampir 2x dalam periode dua tahun terakhir.

“Salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan,” kata Dian.

“Hasilnya, data net promoter score (NPS) terus meningkat secara signifikan, sehingga mendorong penggunaan layanan dan pada akhirnya juga membantu meningkatkan pendapatan. Strategi tersebut akan terus diterapkan di sepanjang tahun 2024 ini,” lanjut dia.

Hingga akhir 2023, XL Axiata mampu menambah jumlah base transceiver station (BTS) sebanyak 14.101 hingga total menjadi 160.124 atau naik 10 persen YoY.

Dari jumlah itu, 104.993 di antaranya adalah BTS 4G. Sementara itu, fiberisasi telah mencapai 61 persen dari total BTS di berbagai penjuru Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com