Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang LRT Jabodebek Naik 11 Persen Selama Libur Panjang Imlek 2024

Kompas.com - 14/02/2024, 12:23 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek mencatat terdapat peningkatan jumlah penumpang sebesar 11 persen selama libur panjang Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek pada 8-11 Februari 2024.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, total penumpang LRT Jabodebek pada periode tersebut mencapai 122.671 penumpang, dengan rata-rata mencapai 30.668 pengguna.

Jumlah tersebut meningkat 11 persen jika dibandingkan dengan rata-rata harian pengguna pada akhir pekan (weekend) pada tanggal 3-4 Februari yang sebanyak 27.476 pengguna.

Baca juga: LRT Jabodebek Beroperasi hingga Pukul 23.03 WIB, Ini Jadwal Keberangkatan Terakhir

Bahkan jika dibandingkan dengan rata-rata harian pengguna pada periode akhir pekan di Januari 2024 terjadi kenaikan sebesar 294.

"Naik 11 persen jika dibanding periode libur (weekend) minggu sebelumnya tanggal 3-4 Februari 2024," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (13/2/2024).

Menurutnya, kenaikan jumlah penumpang selama libur panjang ini karena masyarakat banyak yang menggunakan LRT Jabodebek untuk menuju tempat wisata atau hiburan.

Baca juga: Bubut Roda 19 Trainset LRT Jabodebek Sudah Rampung

"Salah satunya itu (untuk liburan) dan juga berarti LRT Jabodebek mulai dipercaya jadi moda transportasi pilihan masyarakat, terutama saat momet libur panjang. Hal ini selaras dengan tren jumlah penggunanya terus mengalami peningkatan," ucapnya.

Mahendro menyebut, LRT Jabodebek akan tetap berkomitmen untuk menjunjung standar pelayanan dan keselamatan tertinggi bagi pengguna sehingga semakin banyak masyarakat yang menggunakan layanan LRT Jabodebek sebagai transportasi publik.

"Prioritas kami adalah secara konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna. Seiring dengan peningkatan jumlah pengguna, KAI yang dipercaya sebagai operator LRT Jabodebek oleh pemerintah akan menjaga momentum ini dengan meningkatkan layanan kami dan mengoptimalkan pengalaman perjalanan bagi pengguna," tuturnya.

KAI berharap dengan semakin andal dan konsistennya pelayanan LRT Jabodebek, dapat memenuhi harapan serta mengakomodir kebutuhan masyarakat akan moda transportasi yang aman, tepat waktu, dan dapat diandalkan.

Baca juga: Tambahan Jam Operasional LRT Jabodebek Berpotensi Diperpanjang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com