Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Ternate Dapat Kuota Haji Tambahan, Ini Informasinya

Kompas.com - 21/02/2024, 22:16 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, mendapatkan sebanyak lima kuota haji tambahan pada musim haji tahun ini.

Tambahan kuota haji reguler tersebut, dari sebanyak total tambahan kuota haji Provinsi Maluku Utara sebanyak 30 jemaah.

Pengumuman penambahan kuota ini dilakukan saat rapat persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1445H/2024M yang membahas Kuota Haji Tambahan Provinsi Maluku Utara dan Pelunasan Biaya Haji tahap I.

“Kuota tambahan untuk Kota Ternate nanti akan di dimuat secara resmi dalam SK (Surat Keputusan) Gubernur Maluku Utara nantinya,” kata Kasubbag Tata Usaha Maskur Sapsuha dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Rabu (21/2/2024).

Baca juga: Pelunasan Biaya Haji Tahap I Diperpanjang sampai 23 Februari

Maskur mengingatkan, pelunasan biaya Haji 2024 tahap satu masih dibuka sampai tanggal 23 Februari 2024.

Para jemaah yang masuk dalam daftar berhak lunas dan sudah memperoleh status Istitahaah kesehatan, diimbau untuk langsung melunasi biaya hajinya.

“Jadi saya imbau kepada jemaah haji yang akan berangkat tahun 2024 ini, khususnya jemaah haji Kota Ternate yang berjumlah 269 jemaah agar bisa langsung melunasi biaya hajinya,” ujar dia.

Baca juga: 5 Embarkasi dengan Biaya Haji 2024 Tertinggi

Sementara itu, Kasi PHU Kemenag Kota Ternate Nurmala menjelaskan bahwa per hari ini pelunasan biaya Haji tahun 1445H/2024M dari kuota 269 jemaah haji Kota Ternate, sebanyak 231 atau 86 persen jemaah sudah melakukan pelunasan.

Untuk sisanya atau sebanyak 14 persen jemaah haji reguler Kota Ternate, masih dalam proses perbaikan dokumen persyaratan pelunasan.

Sebagai tambahan informasi, biaya haji reguler yang wajib dibayarkan oleh jemaah haji embarkasi Makassar telah ditetapkan sebesar Rp 60.245.355.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemenag telah menetapkan besaran biaya haji 2024 per embarkasi di seluruh Indonesia, yang bisa dibaca di sini.

Baca juga: Simak, Ini Biaya Haji Indonesia dari Tahun ke Tahun

Baca juga: Resmi, Ini Biaya Haji 2024 di 13 Embarkasi Seluruh Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com