Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Ritel di Indonesia Didominasi Milenial dan Gen Z

Kompas.com - 26/02/2024, 11:55 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia, dan Umum Bursa Efek Indonesia (BEI) Risa E Rustam menyebutkan, saat ini jumlah investor pasar modal Indonesia masih sangat kecil apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.

“5,4 juta di antaranya adalah investor saham, namun demikian jumlah ini sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia,” ujar Risa pada pembukaan program Literasi Keuangan PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dan Yayasan Puteri Indonesia yang diadakan di BEI, Senin (26/2/2024).

“Artinya hasil pertumbuhan pasar luar biasa baru dinikmati sebagian kecil masyarakat Indonesia saja,” tambahnya.

Baca juga: Tips Menghindari Dividen Trap untuk Investor Pemula

Ilustrasi investasi, mengelola keuangan.PIXABAY Ilustrasi investasi, mengelola keuangan.

Ia juga menyampaikan bahwa investor ritel Indonesia didominasi oleh generasi muda, yang mana adalah mereka yang berusia di bawah 40 tahun.

“Bahwa 80 persen investor ritel Indonesia, berasal dari generasi muda yang kurang dari 40 tahun atau berasal dari generasi milenial dan gen Z,” ujarnya.

Meskipun demikian, di sisi lain masih banyak anak muda yang takut berinvestasi saham karena masih terperangkap dengan stigma bahwa investasi memiliki risiko yang tinggi.

“Di sisi lain masih banyak anak muda di usia produktif yang belum mendapatkan cukup pengetahuan keuangan yang cukup, mereka memiliki pemahaman bahwa investasi memiliki risiko yang tinggi,” ujar Risa.

Baca juga: BEI: Pemilu Satu Putaran Tidak Berpengaruh pada Kenaikan Jumlah Investor

Meluruskan hal tersebut, Risa menjelaskan bahwa sesungguhnya risiko yang tinggi adalah jika kita tidak mengenal investasi.

“Sesungguhnya risiko akan jauh lebih tinggi apabila di masa tua kita tidak memiliki investasi,” tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com