Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Melantai di BEI, VISI Melonjak 16,6 Persen

Kompas.com - 27/02/2024, 09:25 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia bahan advertising, PT Satu Visi Putra Tbk (VISI) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (27/2/2024). Di awal perdagangan harga saham VISI berada di level Rp 140 per saham atau melesat 16,6 persen dibanding harga perdana sebesar Rp 120 per saham.

Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan besar untuk bahan advertising dan printing seperti Banner, Tinta dan PVC Board itu menawarkan 615 juta lembar saham atau 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO dengan jumlah dana yang dikantongi sebesar Rp 73,80 miliar.

Selama masa penawaran umum, perusahaan mencatatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) sekitar 210,07 kali atau dengan jumlah pemesan saham VISI adalah sebanyak 30.235 pihak yang tersebar dari 34 provinsi di Indonesia dan dari 9 manca negara.

Baca juga: Matahari Department Store Bakal Tebar Dividen Rp 200 Per Saham

Para pemesan didominasi oleh investor individu sebanyak 30.219 pihak sedangkan sisanya sebanyak 16 investor institusi. Hal ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap kondisi Perseroan. Adapun yang bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Surya Fajar Sekuritas.

Perseroan juga mengadakan program ESA dengan jumlah sebanyak 1 persen saham dari Saham Yang Ditawarkan dalam Penawaran Umum Perdana Saham ini atau sebanyak 6,15 juta saham.

Direktur Utama PT Satu Visi Putra Tbk, David Dwiputra mengatakan bahwa IPO VISI akan memperkuat dan memperluas jangkauan PT Satu Visi Putra Tbk agar dapat menjangkau pasar yang belum digapai.

“Langkah IPO VISI merupakan keputusan penting bagi kami demi terus bertumbuh secara berkelanjutan. Kami berharap dapat membesarkan bisnis size VISI di industri ini, sebagai penyedia bahan advertising dan printing,” kata David di Main Hall BEI.

“Tentunya dengan permintaan stabil, kontribusi pendapatan yang signifikan dan didukung oleh potensi di bidang Advertising dan Printing, menjadikan prospek usaha kami sangat menjanjikan dan cerah ke depannya,” tambah David.

Adapun dana IPO akan digunakan untuk pembelian armada pengangkutan dan modal kerja yang akan digunakan untuk pembelian armada sebesar 3,4 persen, dan sianya untuk modal kerja yaitu pembelian barang dagang berupa banner.

Baca juga: Sah, MIND ID Jadi Pemegang Saham Mayoritas Vale

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com