Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham HUMI Sempat Disuspensi, Bos Humpuss Maritim: Karena Pemilu...

Kompas.com - 26/02/2024, 16:11 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) sempat melakukan suspensi terhadap saham PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (kode saham: HUMI) pada Senin (12/2/2024) lalu.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat mengaku tidak tahu persis apa yang terjadi di pasar saham.

Meski demikian, ia menilai, suspensi atau penghentian sementara perdagangan saham tersebut terjadi lantaran adanya sentimen negatif dari luar menjelang Pemilu 2024.

Baca juga: Cermati, Peluang di Tengah Penurunan Harga Saham

"Kami membaca juga karena sentimen negatif luar negeri terutama yang negatif terhadap Pemilu, Pemilu yang berlangsung saat ini sehingga terjadi seperti itu walaupun sekarang sudah membaik," kata Tirta dalam agenda HUMI Public Expose Insidentil yang terlaksana secara virtual, Senin (26/2/2024).

Tirta mengatakan, kinerja perusahaan tidak terpengaruh dengan apa yang terjadi di pasar saham.

Sebab, kata dia, perusahaan fokus memperbaiki kinerja perusahaan secara fundamental.

"Seperti pendapatan kita tingkatkan, bottom line, net profit, kita tingkatkan aset juga kita tinggalkan, itu upaya kami tidak terganggu dengan hal-hal seperti ini yang terjadi di pasar saham," ujarnya.

Dikutip Kontan.co.id, Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan suspensi terhadap saham PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI).

Melansir pengumuman BEI, Senin (12/2/2024), tak hanya saham, Bursa juga menyetop perdagangan waran seri I HUMI-W.

Suspensi tersebut diberlakukan pada perdagangan tanggal 12 Februari 2024. Hal itu dilakukan akibat adanya penurunan harga kumulatif yang signifikan, sehingga butuh cooling down.

“Sehubungan dengan terjadinya penurunan harga kumulatif yang signifikan pada Saham HUMI, dalam rangka cooling down sebagai bentuk perlindungan bagi Investor, Bursa memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Saham & Waran Seri I PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI & HUMI-W) pada perdagangan tanggal 12 Februari 2024,” ujar Bursa dalam pengumuman.

Baca juga: Bersiap IPO, Humpuss Maritim Bidik Dana Segar Rp 270 Miliar

Penghentian sementara perdagangan Saham HUMI tersebut dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai. Sedangkan, penghentian sementara perdagangan Waran Seri I PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI-W) dilakukan di Seluruh Pasar.

Suspensi bertujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham & Waran PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI & HUMI-W).

“Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan,” papar Bursa.

Melansir RTI, saham HUMI berhenti di harga Rp 57 per saham. Dalam sebulan terakhir, saham HUMI sudah turun 62,5 persen.

Baca juga: HUMI Siapkan Belanja Modal Rp 802,5 Miliar, Dukung Kebutuhan B35

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com