Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Memulai Bisnis Kafe yang Cuan pada 2024? Ini 3 Tips yang Bisa Diikuti

Kompas.com - 27/02/2024, 13:24 WIB
Anissa DW,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memasuki 2024, potensi membuka bisnis di sektor makanan dan minuman (mamin) dinilai masih cukup menarik. Hal ini karena sektor mamin diprediksi mengalami pertumbuhan selama 2024.

Dikutip dari antara.com, Selasa (23/1/2024), Gabungan Produsen Makanan dan Minuman (Gapmmi) memproyeksikan pertumbuhan industri mamin nasional naik hingga 7 persen. Hal ini didorong salah satunya oleh pertumbuhan kelas menengah sekitar 53 juta jiwa.

Adapun kelas menengah menjadi motor pertumbuhan industri horeca karena mampu menyumbang separuh dari total konsumsi rumah tangga nasional. Untuk diketahui, sebanyak 49,25 persen populasi Indonesia banyak menghabiskan uang di sektor mamin.

Proyeksi tersebut menjadi angin segar bagi masyarakat yang mau memulai bisnis di sektor makanan dan minuman pada 2024, termasuk mereka yang ingin membuka bisnis kafe.

Sama seperti membuka bisnis lain, diperlukan persiapan yang baik dan matang agar usaha yang dijalankan bisa sukses serta bertahan lama.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berminat membuka bisnis kafe, ada sejumlah tip yang dapat diikuti.

1.       Lakukan riset dan susun rencana bisnis 

Melakukan riset awal merupakan salah satu langkah penting dalam membangun sebuah bisnis. Saat melakukan riset, Anda dapat mengidentifikasi dan memahami kondisi pasar, keberadaan kompetitor, produk apa saja yang disukai target konsumen, lokasi yang tepat, serta risiko yang mungkin terjadi.

Setelah mengetahui pasar yang disasar secara detail, Anda bisa merancangnya menjadi sebuah rencana bisnis (business plan). Diberitakan Kompas.com, Jumat (24/2/2023), terdapat tujuh aspek yang perlu ada dalam sebuah business plan, yaitu executive summary, profil perusahaan, analisis pasar, business offering, rancangan manajemen dan struktur kepemilikan, rencana pemasaran, dan financial projects.

Ilustrasi membuat kopi. dok. Scuro Authorized Store Ilustrasi membuat kopi.

 

2.       Tentukan konsep

Dengan semakin menjamurnya bisnis coffee shop di Indonesia, menyusun konsep yang baik dan autentik bisa menjadi kunci keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, sebelum membuka kafe, pikirkan pula konsep yang akan diusung, misalnya coffee shop, pet cafe, kafe ramah keluarga, dan urban cafe.

Setelah itu, Anda dapat menentukan berbagai aspek lain, mulai dari rancangan interior dan eksterior kafe, peralatan apa saja yang diperlukan, menu makanan dan minuman yang akan ditawarkan, hingga harga setiap menu.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan riset menu yang banyak digemari, serta melakukan konsultasi konsep menu dan konsep kafe.

Untuk pembuatan menu, Anda dapat mencoba Denali Experience di Scuro Authorized Store. Di sini, calon pelaku bisnis kafe dapat mencoba resep serta bertanya lebih lanjut mengenai pembuatan menu.

3.       Pilih supplier tepercaya

Memilih supplier atau penyedia bahan baku serta peralatan kafe merupakan hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, penggunaan peralatan dan bahan baku berkualitas dapat menjadi nilai tambah tersendiri bagi bisnis Anda.

Salah satu penyedia peralatan untuk kafe yang bisa jadi pilihan adalah Scuro Authorized yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Salah satu staf Scuro Authorized Nada Sabila Luthfiahdok. Scuro Authorized Salah satu staf Scuro Authorized Nada Sabila Luthfiah

 

Mengusung tagline “Your café business solution”, Scuro Authorized menyediakan berbagai peralatan untuk menunjang operasional bisnis kafe, mulai dari mesin grinder kopi, mesin espresso, blender, drip kettle, cupping bowl, mesin pembuat es krim dan es batu, milk pitcher, cream whipper, shaker, stoples, hingga cangkir dan gelas.   

Berbagai peralatan yang ditawarkan Scuro Authorized itu pun hadir dengan beragam merek berkualitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemilik kafe. Beberapa merek yang ditawarkan antara lain, Maquinos, JTC, Leika, Yami, Brewista, Lookyami, Mikelsen, A Nuova Era, Caferesso, dan Eureka.

Grinder E75T dan Kopi Scuro. dok. Scuro Authorized Store Grinder E75T dan Kopi Scuro.

 

“Tak hanya peralatan kafe, Scuro Authorized juga menyediakan berbagai produk kopi, teh pyrmont, dan bahan baku pendukung, seperti biji kopi single origin, kopi scuro, teh dengan berbagai merek dan rasa, frappe powder, saus untuk topping minuman, puree buah, serta beragam rasa sirup puree dan sauce dari merek Denali," ujar staf Scuro Authorized Store Nada Sabila Luthfiah dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (27/2/2024).

Untuk mendapatkan produk-produk yang dijual Scuro Authorized Store, Anda dapat mengunjungi toko offline yang berlokasi di Jalan Seturan Raya, Pertokoan Seturan Square nomor kavling 8, Kledokan, DIY, 55281. Toko ini buka dari Senin hingga Jumat pukul 10.00-19.00 WIB, dan Sabtu pukul 10.00-17.00 WIB. Toko libur pada hari Minggu dan tanggal merah.

Sementara itu, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Scuro Authorized dan berbagai produk yang ditawarkan, silakan kunjungi akun Instagram @scurojogja, menghubungi WhatsApp di nomor 0821-1489-8889, atau tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com