Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut CT, Ini 4 Tantangan Ekonomi Indonesia Tahun Ini

Kompas.com - 29/02/2024, 11:36 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengungkapkan, setidaknya ada empat isu yang menjadi tantangan ekonomi Indonesia tahun ini.

Yang pertama menurut salah satu orang terkaya di Indonesia adalah kondisi geopolitik global yang masih panas.

“Permasalahan geopolitik menjadi isu serius yang kita hadapi. Rusia-Ukraina tidak atau belum selesai, muncul lagi masalah Hamas dengan Israel," kata pria yang karib disapa CT ini dalam acara CNBC Economic Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Baca juga: Bank Dunia: Kami Memproyeksi Ekonomi Indonesia Sedikit Melambat

Tantangan selanjutnya adalah adanya financial stress yang dikhawatirkan bisa menyebabkan kekurangan suplai dan permintaan sektor keuangan terganggu.

"Suku bunga bank di Amerika meningkat yang mengakitbatkan suku bunga di dunia meningkat," ujar dia.

Sementara tantangan yang ketiga adalah masalah lingkungan yang dinilai juga semakin serius. Menurut CT,  tantangan ini tiap tahun bukan berkurang, tetapi malah meningkat. Termasuk perubahan cuaca seperti kemarau panjang El Nino yang membuat panen terhambat yang mengakibatkan Indonesia terus mengimpor beras.

“Impor beras kita signifikan dan masalah ini makin tahun bukan makin ringan tapi tambah barat,” katanya.

Adapun tantangan yang terakhir adalah disrupsi akibat teknologi. Seperti teknologi kepandaian buatan alias articifial technology (AI) semacam Chat GPT yang bisa menggantikan fungsi manusia.

“Chat GPT ini bisa menggantikan fungsi manusia tentu masalah penyerapan tenaga kerja nanti yang menjadi masalah serius kita di masa-masa yang akan datang. Belum lagi robotisasi, transformasi, yang kita tidak siap menjadi masalah berikutnya,” ujar CT.

Baca juga: Menurut Jokowi, Tantangan Ekonomi Indonesia ke Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com