Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Tahap Eksplorasi, Potensi Gas Tepi Laut Aceh Sudah Diminati

Kompas.com - 01/03/2024, 09:10 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun potensi gas di tepi laut Aceh masih dalam tahap eksplorasi, namun sudah diminati untuk kerja sama pengembangannya. Pada Kamis (29/2/2024), PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina dan Conrad Energy Asia Ltd meneken kerja sama komitmen penyediaan pasokan gas dan pengembangan infrastruktur gas di wilayah tersebut.

Kepala DPMPTSM Aceh Marthunis yang mewakili Pj Gubernur Aceh menyampaikan bahwa kerja sama PGN dan Conrad ini merupakan tonggak sejarah bersama untuk mengembangkan lapangan migas di Aceh.

Ia berpendapat, pemanfaatan migas dapat berkembang di wilayah Aceh bagian barat, sehingga dapat sekaligus menjadi salah satu mesin ekonomi masyarakat sekitar.

Ia juga berharap, kalau selama ini PGN ada kawasan timur Aceh, mudah-mudahan dengan project ini, ada jejak PGN di sisi Barat Aceh.

"Kami dari pemerintah akan mengawal ini, memfasilitasi setiap prosesnya termasuk juga nanti memastikan bahwa dukungan juga kita peroleh dari masyarakat," ujar Marthunis, melalui keterangan pers, Kamis (29/2/2024).

Baca juga: Penerimaan Negara Berpotensi Hilang Rp 15,67 Triliun akibat Kebijakan Harga Gas Murah

Sementara Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Rosa Permata Sari menambahkan, kerja sama ini akan bernilai penting bagi PGN untuk menjaga ketahanan pasokan gas bumi di berbagai sektor pelanggan.

"Dengan lokasi potensi sumber gas dari Aceh, artinya kerja sama ini akan memanfaatkan pasokan gas dari dalam negeri untuk berbagai kebutuhan ke depan," katanya.

"Kami menyambut kesepakatan dengan Conrad dengan baik untuk kemudian dapat diteruskan pada rencana implementasi. Tentunya atas dukungan yang besar dari Pemerintah Aceh. Kedepan, dengan target pemerintah terkait Net Zero Emission di 2060, gas memiliki peranan yang penting," lanjutnya.

Ia berharap, kerja sama ini dapat berlangsung dengan lancar dan komprehensif agar dapat mencapai kerja sama komersialisasi gas bumi.

Baca juga: Perhitungkan Kerugian Negara, Evaluasi Kebijakan Harga Gas Murah Perlu Dilakukan

Managing Director& CEO Conrad Miltos Xynogalas menambahkan, pihaknya ambisius untuk menyalurkan energi yang lebih bersih.

Conrad juga percaya, transisi energi membutuhkan gas di mana gas merupakan energi fosil yang paling bersih dan dapat berperan besar menuju Net Zero Emission. Sehingga, kerja sama dengan PGN ini sangat penting untuk dapat menyalurkan gas bumi ke pasar dengan tepat.

Dengan demikian, kerja sama ini ke depan tak terbatas hanya untuk keperluan pemenuhan pasokan gas, tapi juga dapat berkenaan dengan pengembangan infrastruktur gas pipa maupun LNG beserta kegiatan pemeliharaan fasilitas gasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com