Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop UKM Gelar Inabuyer Expo Mei 2024, Targetkan Kerja Sama UMKM hingga Rp 2 Triliun

Kompas.com - 05/03/2024, 20:16 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) mengumumkan akan menggelar Inabuyer B2B2G Expo 2024 di Gedung Smesco, Jakarta selama periode 15-17 Mei 2024 mendatang.

Deputi Bidang UKM KemenKopUKM Hanung Harimba Rachman mengatakan, Inabuyer Expo 2024 menjadi ajang pameran B2B2G terbesar tempat berkumpulnya buyer dari seluruh wilayah di Indonesia.

Ia mengatakan, acara tersebut hasil kolaborasi Kemenkop UKM dengan Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), dan Smesco.

"Tahun lalu Inabuyer Expo berhasil menghasilkan nilai potebsi kerja sama Rp 1 triliun, tahun ini 2024 target kerja samanya Rp 2 triliun," kata Hanung dalam acara Sosialisasi Inabuyer B2B2G Expo 2024 di kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Baca juga: Nakalnya Seller TikTok Shop, Kemenkop UKM Temukan Masih Ada Predatory Pricing dan Penjualan Pakaian Impor Bekas

Hanung mengatakan, Inabuyer 2024 memiliki berbagai kegiatan pendukung seperti business matching, showcase produk unggulan koperasi dan merek lokal, diskusi panel talk show, dan live commerce.

Hal ini, kata dia, bertujuan untuk memberikan platform bagi pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan, menjalin kemitraan, dan memperluas jaringan.

"Ini adalah langkah konkret Dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan UKM di Indonesia. Dengan Inabuyer 2024, kami berharap dapat memberikan kesempatan bagi para UKM untuk bertemu buyer dan mendapatkan order juga memasarkan produk-produk unggulan mereka serta menjalin kerja sama yang berkelanjutan," ujarnya.

Baca juga: INABUYER 2023 Catat Potensi Kerjasama Rp1 Triliun dengan Koperasi dan UMKM


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengatakan, pihaknya akan membantu kemenkop UKM untuk mengembalikan gedung Smesco sebagai pusat pameran.

Budi mengatakan, Hippindo sebagai sektor ritel memiliki omzet hingga Rp 500 triliun setiap tahun akan mengajak para supplier dan produsen untuk menaruh sampel produknya dan berpartisipasi dalam Inabuyer 2024.

"Kami berharap Inabuyer bisa menjadi pendorong gerakan beli buatan Indonesia, membuka peluang joint venture hingga ekspor bagi produk lokal," kata Budi.

Sebagai informasi, Inabuyer B2B2G Expo 2024 adalah acara yang menghubungkan buyer dari sektor Kementerian/Lembaga, BUMN, dan swasta dengan supplier. Didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM, LKPP, Hippindo, Smesco dan diinisiasi Spectindo acara ini bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan bisnis kolaborasi dan kerjasama antara buyer dan supplier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com