Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elnusa Kantongi Laba Bersih Rp 503 Miliar di 2023, Naik 33 Persen

Kompas.com - 07/03/2024, 22:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Elnusa Tbk, Subholding Upstream Pertamina, berhasil mengantongi laba bersih sebesar Rp 503 miliar di sepanjang 2023, tumbuh 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Direktur Utama Elnusa Bachtiar Soeria Atmadja mengatakan, implementasi strategi bisnis yang tepat mampu mendukung pertumbuhan profitabilitas perseroan sejak capaian kinerja kuartal III-2023 lalu.

"Capaian tersebut menjadi puncak pencapaian tertinggi sepanjang sejarah berdirinya Elnusa, dan hal ini tentunya menjadi penentu keberhasilan kami dalam mencatatkan kinerja keuangan yang positif pada tahun buku per 31 Desember 2023," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (7/3/2024).

Baca juga: Elnusa Siapkan Belanja Modal Rp 526 Miliar Tahun Ini, untuk Apa Saja?

Menurutnya, dari sisi operasi, di sepanjang tahun lalu perseroan mencatatkan kinerja yang baik pada semua segmen bisnis, mulai dari jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi, serta jasa penunjang migas.

Sementara itu, Elnusa terpilih sebagai Konstituen Pefindo I–Grade dari PT Pemeringkat Efek Indonesia yang bekerja sama dengan PT Bursa Efek Indonesia untuk periode Juli–Desember 2023.

"Capaian tersebut didasari atas posisi Elnusa sebagai salah satu perusahaan di pasar modal yang dapat memberikan keuntungan yang cukup tinggi bagi investor," kata Bachtiar.

Dari sisi belanja modal, Elnusa telah menyerap belanja modal sebesar Rp 495 miliar di sepanjang tahun lalu yang digunakan baik untuk pertumbuhan bisnis maupun mempertahankan kapasitas.

Baca juga: Elnusa Cetak Rekor Pertumbuhan Laba Bersih 33 Persen Sepanjang 2023

Menurut Bachtiar, pertumbuhan profitabilitas yang dicatatkan Elnusa didorong upaya seluruh pegawai dalam membangun fundamental yang kuat untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis jangka panjang yang menguntungkan seluruh stakeholder.

"Demi menjaga pertumbuhan serta kinerja terbaik ini, perseroan telah memiliki strategic direction yang berfokus pada empat aspek yang dapat dijalankan secara konsisten di tahun 2024," imbuhnya.

Ia menuturkan, perseroan akan fokus dalam meningkatkan pembangunan manusia untuk keberlanjutan jangka panjang.

Baca juga: RUPSLB Elnusa 2024 Setujui Perubahan Dewan Komisaris dan Direksi


Selain itu, dari sisi proses bisnis. perseroan terus melakukan optimalisasi untuk meningkatkan daya saing. Elnusa juga terus mendorong perkembangan bisnis untuk pertumbuhan yang lebih agresif.

"Dan yang paling penting adalah perseroan selalu berupaya untuk meningkatkan profitabilitas dan menjaga stabilitas keuangan," kata Bachtiar.

Dia menambahkan, arahan strategis itu dilakukan untuk percepatan mencapai keunggulan dengan mengkatalisasi momentum melalui sumber daya manusia (SDM) terbaik, kolaborasi dan inovasi yang berkelanjutan serta bertanggung jawab.

"Kami optimis dengan strategi ini perseroan akan tumbuh semakin tinggi lagi ke depan yang pada akhirnya mampu mendukung target Produksi migas nasional," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com