Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 1 April 2024 Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta Jadi Terminal Khusus Umrah

Kompas.com - 09/03/2024, 06:19 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan menjadikan Terminal 2F sebagai terminal khusus untuk melayani jemaah umrah mulai 1 April 2024.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni dan Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana saat melakukan tinjauan kesiapan Terminal 2F Bandara Soetta, Jumat (8/3/2024).

Kristi mengungkapkan, dengan adanya terminal khusus ini maka para jemaah umrah tidak akan tercampur dengan penumpang umum lainnya.

Baca juga: Tingkatkan Layanan Umrah dan Haji, Anak Usaha BPKH Investasi Katering dan Kontrak Hotel di Saudi

Sebab, para jemaah umrah ini biasanya diantar dan dijemput oleh keluarga besar sehingga Bandara Soetta menjadi lebih ramai di area kedatangan dan keberangkatan penumpang internasional.

"Jadi per 1 April nanti akan ada pengaturan baru untuk teman-teman saudara-saudara kita yang akan melaksanakan ibadah umrah lewat Cengkareng, nanti tempatnya di sini," ujarnya di sela kunjungan.

Dia menjelaskan, pada terminal khusus itu terdapat ruang tunggu sehingga jemaah umrah maupun pengantar dapat dengan nyaman menunggu.

Selain itu, nantinya jemaah umrah dapat langsung turun dari bus di terminal khusus tersebut.

"Lebih nyamanlah nanti. Pengantar juga bisa di sini. Di sini ada imigrasi juga, ada custom juga," kata dia.

Sementara itu Dwi menambahkan, pemindahan penumpang jemaah umrah dari Terminal 3 ke terminal khusus ini akan dilakukan secara bertahap mulai 1 April mendatang dan ditargetkan dapat dipindahkan sepenuhnya di tahun ini.

"Sejatinya (Terminal 2F) akan menjadi terminal umrah, bahkan terminal haji bisa digunakan. Tapi mungkin tidak langsung, ada tahapan," ungkap Dwi pada kesempatan yang sama.

Progres pengerjaan ruang tunggu Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta yang akan menjadi terminal khusus jemaah umrah, Jumat (8/3/2024). KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Progres pengerjaan ruang tunggu Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta yang akan menjadi terminal khusus jemaah umrah, Jumat (8/3/2024).

Dia menyebut, nantinya area ruang tunggu pada Terminal 2F akan dilengkapi dengan tenant-tenant penjual makanan sehingga penumpang maupun pengantar dapat mengisi perut selagi menunggu.

Kapasitas ruang tunggu di terminal 2F khusus jemaah umrah ini dapat menampung 1.200 orang. Sementara saat ini jumlah penumpang umrah masih di bawah 1.000 orang per hari.

"Kalau nanti bertambah pun nanti kita akan melakukan pengaturan-pengaturan," tuturnya.

Baca juga: Anggota DK OJK Cerita Pernah Dapat Penawaran Umrah Bodong

Saat ini ruang tunggu Terminal 2F sedang dilakukan pekerjaan revitalisasi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, berbagai pekerjaan sudah hampir rampung, sebagian lantai, lampu, dan langit-langit sudah selesai dikerjakan. Sejumlah fasilitas juga terlihat sudah dipasang.

Sebagai informasi, pekerjaan ruang tunggu umrah Terminal 2F ini mulanya termasuk dalam lingkup pekerjaan revitalisasi Terminal 2.

Namun pada 2020 kondisi keuangan PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator Bandara Soekarno-Hatta sangat terdampak adanya pandemi Covid-19.

Oleh karenanya, dilakukan optimalisasi pekerjaan dengan pengurangan lingkup penyelesaian area lounge umrah.

Baca juga: Cara Mengurus Paspor Umrah, Syarat, dan Biayanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com