BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sido Muncul

Konsisten Berinovasi, Sido Muncul Luncurkan Produk Anyar Tolak Angin Batuk

Kompas.com - 09/03/2024, 11:26 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) konsisten berinovasi untuk menghasilkan produk baru demi membantu masyarakat menjaga kesehatan.

Terbaru, perusahaan meluncurkan varian Tolak Angin anyar, yakni Tolak Angin Batuk, di Kantor Pusat Sido Muncul di Cipete, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2024).

Kehadiran Tolak Angin Batuk melengkapi varian Tolak Angin yang telah ada serta dikenal masyarakat, yakni Tolak Angin Cair, Tolak Angin Bebas Gula, Tolak Angin Flu, Tolak Angin Anak, Tolak Angin Care, Tolak Angin Linu, Permen Tolak Angin, Permen Tolak Angin Bebas Gula, dan Balsam Tolak Angin.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat berharap, produk Tolak Angin Batuk dapat diterima masyarakat di Tanah Air. Terlebih, saat ini semakin banyak orang memercayakan kesehatan dengan menggunakan obat herbal.

Baca juga: Kembalikan Senyum Anak Indonesia, Suplemen Kesehatan Kuku Bima Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

"Hari ini kami meluncurkan produk Tolak Angin Batuk. Keunggulan produk ini menggunakan bahan-bahan alami, seperti adas, kayu ules, daun mint, jahe, kencur, madu, dan beberapa bahan lain. Kemasannya pun dibuat praktis dalam bentuk sachet sehingga mudah dibawa ke mana-mana," ujar Irwan kepada Kompas.com.

Irwan mengungkapkan, gagasan mengenai produk Tolak Angin Batuk sudah muncul sejak sepuluh tahun silam. Produk anyar ini merupakan kelanjutan dari rangkaian produk Tolak Angin Cair yang sudah dikembangkan sebelumnya, seperti Tolak Angin, Tolak Angin Flu dan Tolak Angin Anak.

Dalam mengembangkan Tolak Angin Batuk, Sido Muncul fokus menggunakan formula dan bahan-bahan yang cocok untuk mengatasi batuk, terutama batuk berdahak atau batuk dengan gejala gatal di tenggorokan.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan, Tolak Angin Batuk hadir dalam bentuk sachet 15 ml dikemas dalam dos isi 5 sachet. Khasiat dan kegunaannya sendiri adalah untuk meredakan gatal tenggorokan, mengencerkan dahak, dan menghangatkan tenggororokan serta pernapasan. KOMPAS.com/Yakob Arfin T Sasongko Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan, Tolak Angin Batuk hadir dalam bentuk sachet 15 ml dikemas dalam dos isi 5 sachet. Khasiat dan kegunaannya sendiri adalah untuk meredakan gatal tenggorokan, mengencerkan dahak, dan menghangatkan tenggororokan serta pernapasan.

Komposisi dasar Tolak Angin Batuk, Irwan menjelaskan, serupa dengan produk Tolak Angin Cair. Tetapi terdapat penambahan bahan agar Tolak Angin Batuk bisa membantu mengatasi batuk berdahak dan gatal di tenggorokan.

Baca juga: Kedepankan Aspek Keberlanjutan, Sido Muncul Raih Penghargaan Bintang CSR Indonesia BESAR

"Komponen penting untuk membantu mengatasi batuk adalah thymus, valerian, dan adas," terang Irwan.

Thymus berkhasiat untuk membantu meredakan batuk serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara, Valerian bermanfaat untuk memberi efek tenang sehingga membantu pengidap batuk bisa beristirahat.

Kemudian, adas dapat membantu mengatasi gangguan pernapasan serta memecah dahak.

"Bahan-bahan alami yang terkandung dalam Tolak Angin Batuk efektif membantu mengencerkan dahak, meredakan gatal, serta melegakan pernapasan," kata Irwan.

Tolak Angin Batuk mengandung sejumlah bahan yang berfungsi untuk meredakan batuk berdahak dan melegakan pernapasan, seperti adas, kayu ules, daun mint, jahe, kencur, madu, Thymus, Valerian, Adas, dan beberapa bahan lain. KOMPAS.com/Yakob Arfin T Sasongko Tolak Angin Batuk mengandung sejumlah bahan yang berfungsi untuk meredakan batuk berdahak dan melegakan pernapasan, seperti adas, kayu ules, daun mint, jahe, kencur, madu, Thymus, Valerian, Adas, dan beberapa bahan lain.

Respons kebutuhan konsumen

Wakil Direktur Marketing Sido Muncul Maria Reviani Hidayat menambahkan, selama ini, banyak masyarakat memberikan testimoni positif terhadap produk Tolak Angin.

Baca juga: Berhasil, Sido Muncul Raih Penghargaan Keberlanjutan Lingkungan Industri Farmasi dan Makanan 2023 dari BPOM

Masyarakat mengonsumsi Tolak Angin, salah satunya, untuk meredakan gejala batuk serta gatal di tenggorokan, meski produk tersebut tidak diformulasi secara khusus untuk batuk.

“Mereka mengaku setelah mengonsumsi Tolak Angin. Ternyata, manjur untuk atasi batuk. Jadi, tim research and development (RnD) Sido Muncul melihat kategori batuk market-nya besar dan banyak orang batuk minum Tolak Angin. Jadi, kami menyusun formulasi khusus dengan menambah bahan-bahan yang dapat meredakan batuk serta mengencerkan dahak,” kata Maria.

Maria melanjutkan, harga Tolak Angin Batuk di pasaran dibanderol sama dengan produk Tolak Angin cair reguler.

Tolak Angin Batuk hadir dalam bentuk sachet 15 ml yang dikemas dalam dus isi 5 sachet. Produk ini bisa didapatkan di pasar tradisional, supermarket lokal, serta e-commerce


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com