Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinema XXI Cetak Laba Bersih Rp 742,3 Miliar pada 2023

Kompas.com - 10/03/2024, 10:58 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk atau Cinema XXI mencetak laba bersih setelah pajak mencapai Rp 742,3 miliar sepanjang 2023.

Angka tersebut tumbuh 47,1 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama pada. Adapun, perolehan EBITDA tercatat sebesar Rp 1,7 triliun.

Emiten dengan kode bursa CNMA ini juga mencatat pendapatan senilai Rp 5,2 triliun. Angka itu tumbuh 18,9 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp 4,4 triliun.

Baca juga: Cinema XXI Perkuat Ekspansi Bisnis pada 2024

Cinema XXI di Mal The Park Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara.KOMPAS.com/Ni Luh Kadek Pertiwi Cinema XXI di Mal The Park Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Direktur Utama Cinema XXI Hans Gunadi mengatakan, Cinema XXI akan menjaga pertumbuhan kinerja melalui penguatan fundamental bisnis.

“Peningkatan kinerja tersebut diperoleh dengan fokus pada penjualan tiket bioskop, pengembangan produk makanan dan minuman, platform digital, serta iklan," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (10/3/2024).

Ia menjabarkan, total pendapatan Cinema XXI sepanjang 2023 berasal dari kontribusi penjualan tiket bioskop sebesar 60 persen, produk makanan dan minuman sebesar 35,4 persen, platform digital sebesar 2 persen, dan iklan sebesar 1,9 persen.

Untuk meningkatkan pelayanan, Cinema XXI melakukan ekspansi untuk kedua lini usaha utama, yakni bioskop dan produk makanan dan minuman.

Baca juga: Mengenal Benny Suherman, Bos Bioskop XXI yang Jadi Orang Terkaya Ke-26 di RI

Cinema XXI membuka lokasi bioskop baru untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menonton film-film favorit mereka.

Hans menerangkan, sepanjang tahun 2023, Cinema XXI telah membuka 18 lokasi baru dengan tambahan 75 layar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com