Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Tips Cerdas Mengelola THR

Kompas.com - 11/03/2024, 19:49 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang hari raya, para pekerja akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Saat memperoleh THR, artinya pendapatan yang diterima lebih banyak dari biasanya.

Agar tidak amblas begitu saja, Anda perlu mengelola THR dengan bijak. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa saat hari raya, banyak kebutuhan seperti zakat, biaya mudik, THR bagi asisten rumah tangga, hampers, dan lainnya.

Dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), utamakan menggunakan THR untuk melunasi utang terlebih dahulu, agar bisa meringankan beban keuanganmu.

Baca juga: 5 Tips Memilih Investasi yang Aman, Apa Saja?

Selain itu, sebagian THR bisa ditabung atau diinvestasikan ke instrumen investasi yang sesuai denga  profil masing-masing.

Jangan terlena dengan keinginan-keinginan terhadap hal yang kurang penting. Sebaliknya, pakai THR untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok hari raya.

Apabila hal di atas telah terpenuhi, Anda bisa mengalokasikan dana tersisa untuk memenuhi keinginan lainnya.

Lantas, bagaimana tips mengelola THR dengan bijak?

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan agar Gaji Tak Numpang Lewat

Tips mengelola Tunjangan Hari Raya (THR)

1. Utamakan membayar hutang

Saat THR sudah cair, bagi yang masih mempunyai tanggungan hutang, bisa untuk mencicil atau melunasi hutang terlebih dahulu.

Jangan biarkan utang berlarut-larut, karena hanya akan menambah beban finansial.

2. Menabung 

Anda dapat menyisihkan minimal 10 persem dari THR yang diperoleh untuk ditabung. Tabungan berguna untuk kebutuhan masa depan, atau kebutuhan tak terduga.

Selain menabung, Anda bisa menginvestasikan sebagian THR agar nilai aset atau kekayaanmu meningkat.

Baca juga: 3 Tips Mempersiapkan Keuangan di Masa Tua

3. Sisa THR

Jangan lupa untuk menghitung kebutuhan pokok hari raya jauh-jauh hari. Anda bisa menyisihkan pendapatan, minimal sebulan sebelum bulan puasa, untuk memenuhi kebutuhan hari raya.

Setelah itu, Anda bisa memakai sisa THR untuk keinginan lainnya seperti membeli pakaian baru, angpau untuk keluarga, membeli makanan dan kue Lebaran, dan lainnya.

Itulah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mengelola THR dengan bijak. Jangan sampai THR habis dalam sekejap hanya untuk memenuhi keinginan yang gelap mata.

Baca juga: 5 Tips Merencanakan Keuangan, Apa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com