Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terancam Bangkrut, The Body Shop Tutup Semua Gerai di Amerika Serikat

Kompas.com - 11/03/2024, 21:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan kencantikan The Body Shop menutup semua operasinya yang ada di Amerika Serikat (AS). Perusahaan asal Inggris ini juga menutup lusinan lokasi toko di Kanada.

Pengurangan kegiatan operasional ini dilakukan seiring langkah korporasi yang sedang mengajukan kebangkrutan tersebut.

Dilansir dari CNN, Senin (11/3/2024), The Body Shop mengumumkan, anak perusahaannya yang berada di AS tidak lagi beroperasi per 1 Maret 2023.

Di sisi lain, 33 dari 105 toko The Body Shop di Kanda juga akan segera memulai penjualan likuidasi dan penjualan online melalui ecommerce juga akan dihentikan.

Baca juga: Tutup Pabrik di Malaysia, Produsen Ban Goodyear PHK 550 Karyawan

Inflasi yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir telah merugikan pengecer tradisional, terutama pengecer seperti The Body Shop.

Pasalnya sebagian besar gerai The Body Shop beroperasi di luar mal dan ditujukan untuk kelas menengah yang sedang kesulitan

The Body Shop terkenal dengan produk-produk yang dipasarkannya sebagai produk alami, berkelanjutan, beretika dan bebas dari kekejaman.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1976 di Inggris oleh aktivis hak asasi manusia dan aktivis lingkungan hidup Anita Roddick . 

Baca juga: Pabrik Ban di Cikarang Tutup, 1.500 Karyawan Dirumahkan

The Body Shop adalah salah satu perusahaan pertama yang melarang pengujian pada hewan untuk banyak produknya. 

Pada 2019, perusahaan ini mendapatkan sertifikasi sebagai “B Corp,” sebuah sertifikasi yang diberikan kepada perusahaan yang memenuhi standar transparansi dan kesadaran lingkungan tertentu.

Pada 2023, produk The Body Shop telah diperluas ke lebih dari 2.500 lokasi ritel di lebih dari 80 negara dan tersedia untuk dibeli secara online di lebih dari 60 pasar.

Sejak awal berdirinya, The Body Shop telah beberapa kali berpindah tangan. The Body Shop dibeli oleh raksasa kosmetik L'Oréal pada 2006 dengan harga lebih dari 1 miliar dollar AS.

Setelah itu, The Body Shop dijual ke perusahaan Brasil Natura pada 2017 dengan harga 1 miliar dollar AS juga.

Baca juga: Tersandung Tantangan Operasional, Zenius Umumkan Tutup Sementara


The Body Shop disebut sedang sakit dalam beberapa tahun terakhir. Dalam laporan awal tahun 2023, Natura mencatat bahwa The Body Shop menghadapi tantangan dengan penurunan tahunan sebesar 13,5 persen pada 2022,

Padahal, 2022 disebut tahun yang tidak mudah bagi merek tersebut.

Sementara itu, akhir tahun lalu, The Body Shop dijual ke grup manajemen aset Aurelius dengan harga sekitar 266 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com