Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Terhindar dari Resesi, Imbas Revisi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV 2023

Kompas.com - 12/03/2024, 17:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang terhindar dari resesi teknis setelah angka pertumbuhan ekonomi resminya direvisi.

Dikutip dari BBC, Selasa (12/3/2024), data yang direvisi menunjukkan produk domestik bruto (PDB) alias pertumbuhan ekonomi Jepang mencapai 0,4 persen pada tiga bulan terakhir tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.

Angka sementara yang dirilis bulan lalu menunjukkan kontraksi ekonomi selama dua kuartal berturut-turut. Kontraksi ekonomi selama dua perempat berturut-turut biasanya dianggap sebagai definisi resesi teknis.

Baca juga: Ekonomi Jepang Masuk Jurang Resesi

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. SHUTTERSTOCK/THAPANA_STUDIO Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.

Namun angka pertumbuhan ekonomi Jepang yang direvisi tersebut masih berada di bawah ekspektasi, karena beberapa ekonom memperkirakan revisi naik terhadap PDB kuartal IV 2023 sekitar 1 persen.

Harapan bahwa Jepang telah melewati resesi semakin besar pada minggu lalu ketika data dari Kementerian Keuangan menunjukkan peningkatan tajam dalam jumlah investasi perusahaan dalam bisnis mereka.

Meski demikian, angka dari Kantor Kabinet Jepang pada Senin (11/3/2024) menunjukkan konsumsi swasta, yang menyumbang sekitar 60 persen perekonomian Jepang, turun 0,3 persen pada periode tersebut.

Kinerja ekonomi Jepang yang tidak merata mungkin akan mengalami kontraksi lagi pada kuartal ini karena dampak dari berbagai permasalahan termasuk perlambatan perekonomian China dan penghentian produksi produsen mobil Daihatsu.

Baca juga: Jepang Resesi, Jerman Jadi Ekonomi Terbesar Ketiga di Dunia

Revisi ke atas pada pertumbuhan ekonomi Jepang pada kuartal IV 2023 terjadi seiring meningkatnya ekspektasi bahwa bank sentral negara tersebut akan segera menaikkan suku bunga.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com