Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlanjur Klik File APK Penipuan? Ikuti 5 Langkah Ini untuk Meminimalisir Risiko

Kompas.com - 16/03/2024, 21:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penipuan dengan modus mengirimkan tautan atau file APK berkedok undangan melalui pesan WhatsApp masih kerap terjadi.

Meski sudah cukup banyak masyarakat yang mengetahui modus penipuan ini. Namun masih ada juga yang terlanjur mengklik file APK yang dikirim pelaku lantaran kedoknya berubah-ubah.

Misalnya beberapa waktu lalu sempat ramai penipuan undangan pernikahan dan resi paket, kini pesannya berupa ajakan bersedekah, undangan buka puasa, dan sebagainya mengikuti dengan momen Ramadhan dan Idul Fitri yang tengah berlangsung.

Masyarakat yang selama ini tahu mengenai modus penipuan undangan pernikahan dan resi paket pun bisa saja secara sadar mengeklik tautan atau file APK tersebut dan otomatis mengunduh APK ke ponselnya.

Baca juga: Waspada Modus Penipuan File APK di Email Pengingat SPT Tahunan

Jika sudah terlanjur mengeklik tautan atau file APK penipuan, maka apa yang harus dilakukan agar data pribadi dan perbankan tetap aman?

Bank Indonesia (BI) membagikan 5 langkah untuk meminimalkan risiko dan mengamankan data setelah terlanjur klik file APK penipuan.

Baca juga: Waspada Modus Penipuan File APK Undangan Pemilu 2024

Berikut langkah-langkah yang dibagikan BI melalui website resminya:

1. Matikan Akses Internet

Segera matikan data seluler atau Wi-Fi untuk menghentikan malware yang mungkin terkandung dalam file APK tersebut sehingga akan mencegah malware mencuri data atau menyebar ke perangkat lain.

2. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Cara menghapus file APK penipuan yaitu dengan membuka menu pengaturan, pilih "Aplikasi", temukan dan hapus aplikasi yang baru saja diinstal setelah mengeklik APK penipuan.

3. Hubungi Bank

Laporkan kejadian kepada bank yang digunakan sesegera mungkin. Pihak bank dapat membantu memblokir kartu ATM atau rekening pribadimu dan mengambil langkah-langkah pengamanan lebih lanjut.

Baca juga: Waspada, Ini 8 Modus Penipuan File APK yang Pernah Terjadi di Indonesia

 


4. Ganti Password Semua Akun

Segera ubah password akun bank, email, media sosial, dan akun lainnya yang terhubung dengan data pribadi. Gunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun.

5. Lakukan Factory Reset

Jika masih ragu, lakukan backup data penting dan lakukan factory reset atau setelan pabrik pada perangkatmu. Ini akan menghapus semua data dan aplikasi di perangkat, termasuk malware yang mungkin tersembunyi.

Meski ada 5 langkah untuk meminimalisir dampak dari penipuan file APK, namun baiknya hindari mengeklik file APK dari sumber yang tidak dikenal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com