Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahlil: Kemenangan Prabowo-Gibran Bukti Kepercayaan Rakyat

Kompas.com - 21/03/2024, 14:07 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka atas kemenangan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Alhamdulillah, dengan rasa syukur yang mendalam, kami ucapkan selamat kepada Bapak @prabowo Subianto dan Mas @gibran. rakabuming atas terpilihnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2024-2029," tulis Bahlil melalui akun Instagram resminya @bahlillahadalia, Kamis (21/3/2024).

Bahlil mengatakan, kemenangan tersebut merupakan bukti kepercayaan rakyat Indonesia terhadap visi dan misi Prabowo-Gibran.

Baca juga: Fitch Rating Soroti Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Ia pun mengajak masyarakat mendukung kepemimpinan yang baru.

"Kemenangan ini adalah bukti kepercayaan rakyat Indonesia kepada visi dan misi Prabowo-Gibran yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju. Mari kita bersatu mendukung kepemimpinan baru untuk Indonesia Maju," tulis Bahlil.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga: Target Investasi Rp 1.650 Triliun, Bahlil: Insya Allah Tercapai

Penetapan dilakukan setelah rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dinyatakan selesai pada Rabu (20/3/2024) pukul 22.19 WIB.

Rekapitulasi meliputi perolehan suara di 38 provinsi dan 128 wilayah luar negeri. Prabowo-Gibran dinyatakan menang atas dua pasangan calon lainnya dengan selisih cukup jauh.

Paslon nomor urut 2 ini dinyatakan memperoleh 96.214.691 suara atau sekitar 58,58 persen dari seluruh suara sah nasional.

Baca juga: Erick Thohir Angkat Asisten Khusus Prabowo Jadi Komisaris PT Pindad

Sementara itu, pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengantongi 40.971.906 suara atau sekitar 24,95 persen dari seluruh suara sah nasional.

Sedangkan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengoleksi 27.040.878 suara atau sekitar 16,47 persen dari seluruh suara sah nasional.

Dengan hasil ini, Prabowo-Gibran di atas kertas memenangi Pilpres 2024 satu putaran.

Baca juga: Stafsus Bahlil Buka Suara soal Isu Dugaan Permainan Izin Tambang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com