Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 4 Jalan Tol yang Bakal Dioperasikan secara Fungsional dan Gratis

Kompas.com - 21/03/2024, 19:53 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan secara fungsional 4 jalan tol selama periode Lebaran 2024. Lantaran masih fungsional, maka pengguna jalan tidak perlu membayar tarif ketika menggunakan 4 jalan tol ini.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, jalan tol fungsional ini dioperasikan untuk menampung lalu lintas kendaraan yang akan melonjak selama arus mudik dan balik.

"Untuk bisa menampung kapasitas yang nanti mungkin akan meningkat, kita siapkan juga ruas dan akses tol fungsional," ujarnya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Baca juga: Tarif Tol Japek dan MBZ Dikeluhkan Mahal, Jasa Marga Ungkap Alasannya

1. Tol Japek II Selatan

Dia menjabarkan, ruas tol fungsional yang akan dioperasikan ialah ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer (km) untuk memecah lalu lintas dari arah Bandung menuju Jakarta.

Ruas tol Japek II Selatan ini pada Lebaran 2023 juga sempat dioperasikan secara fungsional. Namun pada Lebaran 2024, ruas ini akan dioperasikan saat arus balik.

Dia mengungkapkan, ruas tol ini akan dibuka jika terdapat antrean kendaraan di Gerbang Tol Kalihurip Utama atau jika kecepatan lalu lintas menurun di ruas Tol Cikampek–Purwakarta–Padalarang (Cipularang).

Jasa Marga mengoperasian ruas jalan ini secara situasional setelah mendapatkan arahan dari pihak kepolisian berdasarkan evaluasi kondisi lalu lintas di waktu tersebut.

"Japek II Selatan fungsional disiapkan saat arus balik karena dia jalur kiri dari Bandung menuju Jakarta seperti periode sebelumnya sifatnya dibuka jika lainnya alami peningkatan di titik tertentu yang kami sepakati dengan pihak kepolisian," ucapnya.

Baca juga: Mudik Lebaran 2024 Bakal Ada Diskon Tarif Tol? Ini Bocoran dari Jasa Marga

2. Tol Solo-Yogyakarta segmen Colomadu-Ngawen

Kemudian, Jasa Marga kembali memfungsionalkan ruas Solo-Yogyakarta segmen Colomadu-Ngawen sepanjang 22,3 km untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Jalur fungsional yang menjadi favorit para pemudik ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo.

Jalur fungsional ini akan beroperasi pada pukul 06.00-17.00 WIB pada periode arus mudik tanggal 5-11 April 2024 dan periode arus balik tanggal 12-15 April 2024 serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 nonbus.

"Tapi nanti kita lihat kembali sampai nanti memang ada arahan dibuka seusai kondisi dan evaluasi dari pihak Kepolisian," kata Lisye.

Baca juga: Puncak Mudik Lebaran Diprediksi 6 April 2024, Pemudik Perlu Antisipasi Jalan Tol Ini

3. Tol Palikanci tambahan 1 lajur

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com