Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekrutmen Bersama BUMN 2024, Ada Tes Wawasan Kebangsaan

Kompas.com - 22/03/2024, 18:39 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menambah tes dalam program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) tahun ini.

Jika tahun-tahun sebelumnya, tes rekrutmen terdiri dari tes kemampuan dasar (TKD), tes AKHLAK, tes Bahasa Inggris, dan seleksi di masing-masing BUMN. Namun kali ini ditambah dengan tes wawasan kebangsaan dan learning agility.

"Ada yang kami perbaharui, akan ada tes wawasan kebangsaan dan learning agility," ujar Ketua FHCI BUMN Alexandra Askandar dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Baca juga: Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka Besok 23 Maret 2024, Tersedia 1.830 Posisi

Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata menambahkan, adanya tes wawasan kebangsaan dan learning agility sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

Tujuannya, untuk memastikan para peserta dapat memberikan kontribusi terbaik tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga untuk bangsa Indonesia. Sehingga tes ini melengkapi tes AKHLAK yang menjadi core value BUMN.

"Jadi tes wawasan kebangsaan ini penting sesuai arahan Menteri BUMN. Jadi kita tidak hanya lihat dari kompetensi tapi wawasan kebangsaan, sehingga kita lakukan tes ini di awal," kata Tedi.

Adapun pendaftaran RBB 2024 akan dibuka mulai 23 Maret 2024 hingga 1 April 2024. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id.

Dalam rekrutmen kali ini, tersedia 1.830 posisi dari 110 BUMN. Posisi tersebut mencakup lowongan untuk lulusan SMA/Sederajat hingga S2, fresh graduate dan experience hired, serta disabilitas.

Nantinya, untuk tahapan tes disabilitas akan dilaksanakan melalui mekanisme terpisah dari pelaksanaan rekrutmen reguler dengan environment khusus untuk kenyamanan pelaksanaan tes bagi penyandang disabilitas.

Terkait usia, syarat batas usia pada RBB 2024 yakni lulusan SMA maksimal 25 tahun, lulusan Diploma maksimal 27 tahun, lulusan Sarjana atau S1 maksimal 30 tahun, dan Magister atau S2 maksimal 35 tahun.

Baca juga: Dikeluhkan Sulit, Soal Bahasa Inggris Rekrutmen Bersama BUMN Dievaluasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com