Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Heryadi Silvianto
Dosen FIKOM UMN

Pengajar di FIKOM Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan praktisi kehumasan.

Memperkuat Identitas Perusahaan di Ramadhan: Kolaborasi Google, Nasida Ria, dan JKT48

Kompas.com - 26/03/2024, 10:42 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

RAMADHAN adalah momen sangat penting dalam kehidupan umat Muslim di seluruh dunia, juga di Indonesia. Selain aspek keagamaannya, bulan suci ini juga memiliki potensi besar sebagai momentum untuk kampanye branding yang sukses.

Berbagai Jenama (merek) telah memanfaatkan momen ini dengan cerdas untuk memperkuat identitas mereka, membangun hubungan emosional dengan konsumen, dan meningkatkan kesadaran jenama.

Ramadhan tahun 2024 menjadi salah satu contoh kolaborasi menarik antara dua dunia yang mungkin sebelumnya terasa bertolak belakang: Google Indonesia, grup idola JKT 48, dan legenda musik kasidah Nasida Ria dari Semarang.

Kolaborasi dengan influencer atau tokoh terkenal terbukti menjadi strategi efektif membantu menyebarkan pesan jenama secara autentik kepada audiens yang lebih luas dan terhubung dengan mereka secara emosional.

Sejatinya, Google Indonesia telah bekerjasama dengan Nasida Ria sejak 2023. Kala itu tema yang dibawa “#IniRamadanku”. Namun kini kolaborasi itu diperkuat dengan hadirnya JKT 48, dalam sisi ini terjadi proses intensifikasi kampanye.

Baca juga: Mendengar Lagu Kolaborasi Nasida Ria X Google, Lirik dan Musiknya Tetap Lucu dan Menghibur

Tahun ini, penyertaan dan perubahan hastag dari ‘ku’, ke ‘kita’ memperkuat positioning. Inisiatif #IniRamadanKita menghadirkan sesuatu yang lebih dari sekadar hiburan; ia menciptakan kesempatan bagi penerima pesan untuk merasakan nilai-nilai Ramadhan dalam konteks yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari generasi muda.

Hadirnya JKT48 dalam #IniRamadanKita nampak merupakan langkah intensifikasi kampanye Google Indonesia.

Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor, yaitu menjangkau audiens yang lebih luas, JKT48 memiliki basis penggemar yang besar, khususnya di kalangan generasi muda.

Memperkuat pesan Ramadhan dan menciptakan konten yang lebih variatif dan menarik, seperti video musik, animasi, dan konten interaktif lainnya.

Konsep branding yang diusung dalam kampanye ini mencerminkan keberagaman budaya, sekaligus menghadirkan kesinambungan antara tradisi dan tren kontemporer.

Google, sebagai platform teknologi terkemuka, memanfaatkan momen Ramadhan untuk menggarisbawahi nilai-nilai kebersamaan, kreativitas, dan inklusi.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menjangkau audiens lebih luas, memperkuat pesan Ramadhan, dan meningkatkan awareness, engagement, dan brand image Google Indonesia.

Momentum dan brand equity

Dalam kampanye ini, Google memanfaatkan momentum kepopuleran dan pengaruh dua entitas berbeda: Nasida Ria yang mewakili kearifan lokal dan tradisional serta JKT 48 yang mewakili kekinian dan tren generasi muda.

Dengan menggabungkan dua kekuatan ini, Google Indonesia menciptakan positioning yang unik, menjangkau beragam lapisan masyarakat dari generasi tua yang mengenali Nasida Ria hingga generasi muda yang mengidolakan JKT 48.

Kampanye #IniRamadanKita Google x Nasida Ria x JKT48 dikemas dalam bentuk video musik yang menggabungkan musik kasidah dengan musik pop kekinian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com