Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, J&T Cargo Gandeng 3 Sektor Industri

Kompas.com - 27/03/2024, 10:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - J&T Cargo menggandeng tiga sektor industri yaitu UMKM yang bergerak dibidang pelayanan & Komunitas UMKM, Portal Informasi Bisnis, dan sektor Resources guna meningkatkan kualitas pelayanan.

J&T Cargo meyakini sinergi yang kuat ini akan memainkan peran penting dalam menciptakan kualitas pelayanan ke customer pada ekosistem pengiriman kargo.

"Selama dua tahun berjalan, J&T Cargo mengalami pertumbuhan bisnis yang meningkat hingga dua kali lipat. Pencapaian ini merupakan hasil dari usaha para Mitra outlet yang konsisten memberikan pelayanan terbaik ke customer," kata Manager Network Management J&T Cargo M. Said Abdullah dalam acara Media Iftar di Senayan, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Baca juga: BPKH Limited Gandeng PT Pos Garap Bisnis Kargo Umrah dan Haji

Said mengatakan, pertumbuhan ini juga didukung oleh sistem franchise J&T Cargo yang memberikan proses onboarding yang mudah, tim yang solid dalam menggali potensi outlet, program pelatihan, serta penerapan teknologi sistem JFS yang membantu outlet terintegrasi dengan sistem J&T Cargo.

Ia mengatakan, J&T Cargo telah menjadi best practice yang sukses memberdayakan UMKM, di mana dalam 2 tahun ini, para mitra atau UMKM yang bergerak di bidang pelayanan telah berhasil melayani pengiriman untuk perusahaan besar salah satunya OPPO.

"Dan saat ini telah mencapai 1,5 juta pelanggan," ujarnya.

Baca juga: KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Said mengatakan, partner yang bekerja sama dengan J&T Cargo merupakan upaya dalam membentuk ekosistem yang saling terintegrasi.

Mulai dari sektor UMKM, Portal Informasi Bisnis, dan sektor Resources yang akan membantu dari aspek solusi finansial sebagai benefit untuk kemudahan bantuan pendanaan bagi para mitra yang mendapat penghargaan Best Service Outlet.

Ia juga mengatakan, dalam bagian kolaborasi Portal Informasi Bisnis J&T Cargo bekerjasama dengan SWA Media Group memberikan pembinaan bisnis terhadap 100 mitra.

Baca juga: Persiapan Pelindo Multi Terminal Layani Bongkar Muat Kargo Beras Impor Milik Bulog

Tak hanya itu, J&T Cargo dan SWA Media Group juga menginisiasi program Best Service outlet.

Best Service outlet adalah bentuk apresiasi untuk mitra J&T Cargo yang bergerak di bidang pelayanan yang secara konsisten meningkatkan kualitas layanan mereka kepada customer yang dinilai berdasarkan empat hal.

"J&T Cargo dan SWA Media Group tidak hanya memberikan pembinaan dan pelatihan kepada 100 outlet terpilih, tapi juga akan melibatkan 3.337 outlet lain yang tersebar di seluruh wilayah indonesia untuk turut ikut dalam pembinaan," tuturnya.

Selain itu, Said juga menambahkan, J&T Cargo dan SWA Media Group turut mengundang pemateri profesional dalam memberikan pelatihan tentang aspek pelayanan pada customer dengan tema “Creating Innovative Ways To Enrich 828 Customer Experience".

Baca juga: Menilik Kiprah J&T Express dalam Mendorong Ekonomi Digital dan Pemberdayaan UMKM

"JKT Cargo turut memberdayakan komunitas UMKM atau Seller yang menggunakan layanan pengiriman mereka. Komunitas tersebut antara lain seperti Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Komunitas Seller UMKM, serta Komunitas pelaku ekspor-impor," kata dia.

Lebih lanjut, Said mengatakan, kerja sama ini berbentuk penyelenggaraan event atau pelatihan tentang strategi peningkatan jualan dan pengiriman bagi mitra UMKM.

"Para mitra ini pun bisa mendapatkan feedback tentang bagaimana meningkatkan kualitas layanan J&T Cargo di outiet mereka,” ucap dia.

Baca juga: J&T Cargo Buka Pengiriman Paket Besar ke Papua

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com