Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di DPR, Bahlil Sebut Selamatkan Investasi Mangkrak Rp 558,7 Triliun

Kompas.com - 01/04/2024, 16:09 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, sepanjang 2019-2023, pihaknya berhasil menyelamatkan investasi mangkrak sebesar Rp 558,7 triliun dari total investasi Rp 708 triliun.

Hal tersebut disampaikan Bahlil dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/4/2024).

"Kami juga melaporkan pada forum yang terhormat ini bahwa investasi mangkrak dari Rp 708 triliun saat di awal. Sekarang yang sudah diselesaikan mencapai Rp 558,7 triliun, ini sudah close," kata Bahlil.

Baca juga: Bahlil: Kemenangan Prabowo-Gibran Bukti Kepercayaan Rakyat

Bahlil mengatakan, salah satu proyek mangkrak yang bisa diselamatkan adalah Lottee Chemical di Cilegon.

Ia mengatakan, investasi perusahaan tersebut mangkrak sekitar 5 tahun dan nilai investasinya sekitar Rp 60 triliun.

"Sekarang pembangunannya sudah mencapai 80-85 persen, diresmikan tahun ini direncanakan di bulan September ini udah selesai," ujarnya.

Selain Pabrik Lottee Chemical sebut Bahlil,pihaknya juga menyelamatkan investasi PT PJB Masdar Solar Energi di Kabupatem Bandung Barat dan Kabupaten Purwakarta.

Kemudian, investasi PT Kobexindo Cement di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantaj Timur sebesar Rp 14 triliun.

"Ini adalah sebagai contoh-contoh saja dari apa yang kita lakukan dalam mengerjakan proyek investasi mangkrak Rp 558 triliun tersebut," tuturnya.

Terakhir, Bahlil mengatakan, realisasi di sektor hilirisasi 2023 mencapai Rp 375,4 triliun yang terdiri dari nikel (Rp 136,6 triliun), bauksit (Rp 9,7 triliun), dan tembaga (Rp 70,5 triliun).

"Kemudian CPO Rp 50,8 triliun, pulp and paper Rp 51,8 triliun, petrochemical Rp 46,3 triliun, dan baterai kendaraan listrik R0 9,7 triliun," ucap dia.

Baca juga: Target Investasi Rp 1.650 Triliun, Bahlil: Insya Allah Tercapai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com