Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HM Sampoerna Tunjuk Ivan Cahyadi Jadi Presiden Direktur

Kompas.com - 23/04/2024, 20:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Selasa (23/4/2024). RUPS menyetujui pergantian Presiden Direktur Sampoerna dari Vassilis Gkatzelis menjadi Ivan Cahyadi. RUPS juga menyetujui pengangkatan Yohan Lesmana sebagai Direktur Penjualan.

“Para pemegang saham menyetujui penunjukan Ivan Cahyadi sebagai Presiden Direktur Sampoerna yang baru, menggantikan Vassilis Gkatzelis, efektif per 1 Mei 2024, serta penunjukan Yohan Lesmana sebagai Direktur Perseroan,” kata Presiden Komisaris Sampoerna John Gledhill dalam siaran pers.

"Vassilis berhasil memimpin Sampoerna untuk mencatatkan kinerja baik bagi Perseroan dalam dua tahun terakhir ini serta senantiasa mewujudkan komitmen untuk menciptakan nilai dan efek berganda bagi masyarakat luas. Saya ucapkan terima kasih kepada Vassilis atas kontribusinya di Sampoerna dan selamat untuk posisi barunya di PMI,” tambah dia.

Baca juga: HM Sampoerna Andalkan Digitalisasi untuk Bantu UMKM Berkembang

Philip Morris Internatioal (PMI), yang merupakan induk perusahaan Sampoerna, memberikan kepercayaan bagi Vassilis untuk menduduki jabatan selanjutnya sebagai President East Asia, Australia & PMI Duty Free.

Ia juga menjadi bagian dari Executive Leadership Team PMI yang dipimpin oleh CEO Jacek Olczak. Vassilis akan bertangung jawab atas pasar strategis PMI lainnya seperti Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok.

Posisi Presiden Direktur Sampoerna selanjutnya dipercayakan kepada Ivan Cahyadi yang memiliki pengalaman selama hampir tiga dekade di Sampoerna dan PMI. Ivan adalah sosok pemimpin yang tepat untuk terus memantapkan posisi Sampoerna sebagai pemimpin industri di Indonesia.

Baca juga: [NGOBROL BOSS] Direktur HM Sampoerna Elvira Lianita, Seimbangkan Peran dengan Work-Life Integration

"Dengan pengalaman yang ekstensif di Sampoerna, kami percaya Ivan adalah sosok pemimpin yang tepat bagi Sampoerna untuk memantapkan posisi Perseroan sebagai pemimpin industri di Indonesia dan meneruskan penciptaan efek berganda bagi semua pemangku kepentingan," ungkap John.

Ivan Cahyadi bergabung dengan Sampoerna pada 1996 sebagai Management Trainee dan mengembangkan kariernya dengan menduduki sejumlah posisi di Sampoerna, termasuk Manajer Pengembangan Organisasi (1999-2000), Manajer Market Inteligensia (2000-2004), Kepala Pengembangan Strategi Penjualan (2004-2005), serta Kepala Zona Penjualan (2005-2009).

Ivan kemudian ditugaskan di afiliasi PMI di Malaysia sebagai Direktur Penjualan dan Distribusi pada 2009. Ia kembali ke Sampoerna pada 2010 sebagai Kepala Zona Penjualan, sebelum selanjutnya diangkat sebagai anggota direksi pada 2016.

Baca juga: Upaya Lestarikan Lingkungan, HM Sampoerna Raih Penghargaan

Sementara itu, terkait dengan pengangkatan Yohan Lesmana sebagai Direktur, Yohan memiliki kemampuan mengartikulasikan visi dengan strategi yang kuat berbasis data, dan merupakan sosok dengan gaya kepemimpinan partisipatif.

“Pendekatan kolaboratif dan semangat untuk memberikan dampak yang dipadukan dengan kepedulian akan sangat bermanfaat dalam terus memperteguh posisi Sampoerna sebagai pemimpin pasar multi-kategori yang tak terbantahkan di Indonesia,” ujar John.

Yohan bergabung dengan Sampoerna pada 2003 sebagai Graduate Trainee dan kariernya berkembang dengan mengemban berbagai peran penting di fungsi penjualan (Sales), termasuk Manajer Strategi Penjualan di Operating Center PMI pada 2011 di Swiss dan Kepala Zona Penjualan pada 2016 di Indonesia.

Pada 2019, Yohan dipercaya sebagai Kepala Transformasi Komersial, serta sebagai Direktur Penjualan & Distribusi Philip Morris Fortune Tobacco Corporation (PMFTC) pada 2021.

Baca juga: HM Sampoerna Investasi Rp 2,4 Triliun Bangun Fasilitas Produksi Tembakau di Karawang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com