Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Frekuensi Perjalanan LRT Jabodebek Ditambah, Waktu Tunggu Lebih Cepat

Kompas.com - 06/05/2024, 13:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah frekuensi perjalanan LRT Jabodebek sebanyak 28 perjalanan pada hari kerja (weekday) mulai Mei 2024.

Dengan penambahan ini, maka total frekuensi perjalanan LRT Jabodebek saat weekend mencapai 336 perjalanan per hari.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, penambahan ini dilakukan untuk memenuhi pertumbuhan jumlah penumpang LRT Jabodebek yang diperkirakan kan terus bertambah setiap bulannya.

Baca juga: Jumlah Penumpang LRT Jabodebek Terus Meningkat Sepanjang 2024

Sebagai informasi, pada 2024 jumlah penumpang LRT Jabodebek terus meningkat. Pada Januari jumlah penumpang LRT Jabodebek sebanyak 1,20 juta penumpang, lalu meningkat menjadi 1,26 juta penumpang pada Februari, dan meningkat lagi pada Maret menjadi 1,38 juta penumpang.

Kemudian pada April, jumlah pengguna LRT Jabodebek mencapai 1,40 juta penumpang. Angka ini meningkat 2 persen dibandingkan bulan sebelumnya dan meningkat 16 persen dibandingkan Februari 2024.

"Setelah melakukan evaluasi menyeluruh, kami melihat bahwa tren pengguna harian LRT Jabodebek setiap bulan terus meningkat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (6/5/2024).

Baca juga: 3,84 Juta Penumpang Naik LRT Jabodebek pada Kuartal I 2024

Waktu tunggu lebih cepat

Dengan bertambahnya frekuensi perjalanan LRT Jabodebek, maka waktu tunggu antar kereta (headway) menjadi lebih singkat, yaitu berkurang menjadi 5,5 menit pada jam sibuk (peak hour) di lintas Cawang-Dukuh Atas, dan 11 menit di lintas Jati Mulya-Cawang serta Harjamukti-Cawang.

Perubahan tersebut juga diikuti dengan jadwal keberangkatan terakhir dari Stasiun Dukuh Atas menjadi lebih malam.

Mulai bulan Mei, jadwal keberangkatan LRT Jabodebek paling akhir dari Stasiun Dukuh Atas menjadi pukul 22.16 WIB untuk tujuan Jati Mulya, dan pukul 22.21 WIB untuk tujuan Harjamukti.

"KAI berharap dengan penambahan jumlah perjalanan ini, minat masyarakat menggunakan LRT Jabodebek juga semakin meningkat," tuturnya.

Baca juga: LRT Jabodebek Sempat Gangguan, Disebabkan Kendala Sistem Rem

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com