Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCIC Operasikan 48 Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Selama Libur Panjang Waisak

Kompas.com - 23/05/2024, 14:41 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengoperasikan 48 perjalanan Kereta Cepat Whoosh selama libur panjang Hari Raya Waisak pada 23-26 Mei 2024.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur long weekend ini.

"KCIC menyediakan sebanyak 28.000 tempat duduk per hari untuk melayani masyarakat yang ingin berlibur di masa long weekend kali ini. Jumlah ini meningkat hingga 20 persen jika dibandingkan dengan kapasitas tempat duduk yang KCIC sediakan di April lalu," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/5/2024).

Baca juga: Jelang Libur Long Weekend, KCIC Tawarkan Tiket Whoosh Mulai Rp 150.000

Adapun lonjakan penumpang mulai terjadi pada Rabu (22/5/2024) kemarin dimana jumlah penumpang mencapai 21.144 penumpang atau meningkat sekitar 30 persen dibandingkan hari biasa.

Jadwal keberangkatan favorit masyarakat pada hari Rabu tersebut adalah sejak pukul 11.30 WIB hingga jadwal terakhir di 20.30 dimana okupansinya mencapai 80-100 persen.

Adapun untuk keberangkatan hair ini, tiket keberangkatan Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang dan Tegalluar mulai keberangkatan pukul 06.00-16.10 WIB okupansinya sudah di atas 95 persen.

Berdasarkan data yang dihimpun, tiket yang sudah terjual pada 23-26 Mei 2024 sudah mencapai 36.000 tiket. Jumlah ini akan terus bertambah sehubungan dengan penjualan yang masih terus berlangsung di berbagai channel.

Eva mengingatkan kepada para calon penumpang Whoosh untuk mengatur waktu perjalalannya menuju stasiun agar tidak mengalami keterlambatan.

"Penumpang diharapkan datang setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Hal tersebut dikarenakan boarding gate akan ditutup 5 menit sebelum keberangkatan demi alasan keselamatan penumpang," tuturnya.

Baca juga: Libur Panjang Waisak, KAI Operasikan 20 Kereta Api Tambahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com