Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chandra Asri Group Akuisisi Kilang Minyak di Singapura

Kompas.com - 09/05/2024, 08:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chandra Asri Pacific Tbk Chandra Asri Group dan Glencore plc menandatangani perjanjian jual beli dengan Shell Singapore Pte. Ltd (SSPL) untuk mengakuisisi seluruh kepemilikannya di Shell Energy and Chemicals Park Singapore (SECP).

Setelah melalui proses lelang, CAPGC Pte. Ltd, perusahaan patungan yang mayoritas dimiliki dan dioperasikan oleh Chandra Asri Group dan minoritas oleh Glencore melalui anak perusahaannya masing-masing, sepakat untuk mengakuisisi SECP.

Ini terdiri dari kilang minyak mentah dengan kapasitas pemrosesan sebesar 237.000 barrel per hari, ethylene cracker berkapasitas 1,1 juta metrik ton per tahun di Pulau Bukom dan aset kimia hilir di Pulau Jurong.

Baca juga: Chandra Asri Group Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Perum Jasa Tirta II untuk Kebutuhan EBT di Pabrik

Ilustrasi produksi minyak, kilang minyak, harga minyak.SHUTTERSTOCK/DED PIXTO Ilustrasi produksi minyak, kilang minyak, harga minyak.

Presiden Direktur dan CEO Chandra Asri Group, Erwin Ciputra mengatakan, akuisisi ini merupakan keberhasilan dari strategi merger dan akuisisi terprogram perseroan untuk menjadi pemain kimia dan infrastruktur terkemuka di kawasan ini, dan akan semakin memperkuat ketahanan bisnis.

"Integrasi platform energi dan bahan kimia baru di Pulau Bukom dan Jurong, Singapura, dengan kehadiran kami yang telah mapan di Cilegon, Indonesia, akan mendorong perluasan penawaran produk dan peningkatan layanan, sehingga memungkinkan kami menangkap peluang baru di pasar Asia Tenggara yang sedang berkembang," kata Erwin dalam keterangan tertulis, Kamis (9/5/2024).

"Kami senang dapat bermitra dengan Glencore, dan dengan penuh semangat menyambut talenta SECP untuk memperkaya kemampuan bersama kami, sebagai hasil akhir yang positif dari proses lelang yang sangat kompetitif," imbuh dia.

Sementara itu, Managing Director Glencore Singapore, Quek Chin Thean mengatakan, pihaknya sangat sangat yakin akan keberhasilan kemitraan usaha patungan dengan Chandra Asri Group di CAPGC.

Baca juga: Chandra Asri Group Terima Pinjaman Rp 4 Triliun dari Bank Mandiri

"SECP merupakan aset utama di Asia Tenggara, berlokasi secara unik dan strategis di Singapura yang merupakan pusat perdagangan energi terkemuka di Asia," sebut dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com