Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendagri: Manajemen Tata Kelola Bawang Putih Kurang Bagus

Kompas.com - 13/05/2024, 15:37 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan penyebab harga bawang putih naik bukan karena harga sumber impor yang mahal.

Namun kata dia, karena tata kelola bawang putih di dalam negeri yang kurang bagus sehingga berdampak pada ketersediaan stok hingga harganya yang melambung tinggi.

Bawang putih problem utamanya sudah ditemukan buka karena harga di Tiongkok yang mahal tapi karena sendiri di dalam negeri, manajemen kita kurang bagus,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 secara virtual, Senin (13/5/2024).

Baca juga: Staf Jokowi Bantah Mahalnya Harga Bawang Putih karena Harga Impor yang Tinggi dari China

Tito bilang, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan sudah memberikan izin impor (PI) kepada pengusaha bawang putih agar melakukan pengadaan. Namun pada prosesnya, para pengusaha tidak melakukan pengadaan sesuai dengan target.

Untuk itu pihaknya mendorong agar para importir bisa segera merealisasikan impor. Tito juga mengimbau ke importir jika pengadaan sudah dilakukan, segera mendistribusikan bawang putih ke pasar.

Pihaknya pun akan bersinergi dengan pemangku kepentingan mulai dari Badan Pangan Nasional (Bapanas), Kemnterian Perdagangan hingga Satgas Pangan Polri untuk bisa memantau alur distribusi barang putih.

Baca juga: Pengusaha Belum Realisasikan Impor Bawang Putih, Mendag: Kita Akan Penalti

“Kan perlu duduk bersama, bagi pengusaha yang sudah diberikan izin impor segera realisasikan, bila perlu diberikan target kalau impor 3 bulan enggak terlaksana, hanguskan, ganti yang lain,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim proses importasi bawah putih tidak bermasalah alias lancar.

Bahkan pihaknya sudah mengeluarkan izin impor bawang putih sebanyak 300.000 ton untuk memenuhi stok kebutuhan dalam negeri.

Impor bawang putih enggak ada masalah, lancar. Saya sudah mengeluarkan izin 300.000 ton, lebih dari cukup,” ujarnya usai menghadiri Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Baca juga: Melemahnya Rupiah Bisa Bikin Harga Bawang Putih dan Kedelai Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com