Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Kelola Keuangan untuk Pasangan Modern

Kompas.com - 23/05/2024, 16:00 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernikahan seringkali digambarkan menjadi sebuah pintu gerbang memasuki fase kehidupan berikutnya. Namun sebagai pasangan suami istri baru, tentu tak lepas dari berbagai penyesuaian.

Salah satu hal yang perlu didiskusikan adalah bagaimana menyiapkan pondasi keuangan yang kuat demi menghadapi tantangan di era modern saat ini. Dengan adanya keselarasan dan kebersamaan, pengelolaan finansial menjadi lebih terarah untuk masa depan keluarga yang harmonis.

Chief Digital Officer Maybank Indonesia Charles Budiman mengungkapkan, seiring dengan siklus kehidupan dan kebutuhan yang terus berubah, strategi keuangan pun ikut disesuaikan.

"Pasangan baru menikah sebaiknya sudah mendiskusikan dan menyusun strategi keuangan untuk mencapai tujuan finansial bersama. Apalagi dengan layanan mobile banking sekarang mengelola keuangan muali dari menabung, investasi, hingga memantau pengeluaran, dapat dilakukan hanya dalam genggaman," ujarnya dalam siaran persnya, Kamis (23/5/2024).

Baca juga: Simak, Ini 5 Tips Menyiapkan Biaya Pernikahan

Menurut dia, lewat manajemen keuangan yang bijaksana, kondisi finansial menjadi lebih stabil dan terjaga untuk memenuhi kebutuhan dan mewujudkan kesejahteraan keluarga.

Dia pun membeberkan beberapa tips mengelola keuangan untuk pasangan modern.

Pertama adalah dengan menggabungkan rekening bank untuk menangani keuangan bersama. Berdasarkan penelitian dari Indiana University, pasangan suami istri yang membuat rekening bersama memiliki kualitas hubungan lebih tinggi, serta lebih baik dalam menangani keuangan rumah tangga.

Jika memungkinkan, cobalah menggabungkan rekening bank, sehingga keduanya memiliki akses yang sama terhadap keuangan keluarga.

Langkah ini juga cocok bagi pasangan yang ingin mengatur finansial secara sederhana dengan memonitor keuangan dalam satu rekening saja.

Sebagai bahan pertimbangan, beberapa pasangan juga membuka dua rekening bersama, yaitu tabungan darurat yang dapat ditarik oleh salah satu pasangan, serta tabungan keluarga untuk kebutuhan jangka panjang yang membutuhkan persetujuan keduanya untuk melakukan penarikan.

Baca juga: Untung Rugi Punya Tabungan Pernikahan Bersama Pacar

 


Tips kedua adalah membahas dan mencatat anggaran dengan saksama setiap bulannya. Selain memastikan jumlah pemasukan dalam manajemen keuangan rumah tangga, memantau seluruh pengeluaran juga tak kalah penting.

Buatlah daftar pendapatan dan biaya yang dikeluarkan secara jelas, sehingga dapat membantu mengidentifikasi kebutuhan yang tidak diperlukan. Setelah menyusun anggaran keuangan bersama-sama, sesuaikan juga gaya hidup untuk menghindari penggunaan dana melebihi budget dan mencegah terjadinya pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan.

Tak hanya itu, sisihkan juga sebagian dari pendapatan setiap bulannya untuk menabung serta mempersiapkan dana darurat bagi keluarga. "Yang juga perlu diperhatikan, selalu berpegang pada anggaran yang telah ditetapkan bersama pasangan, mendiskusikan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian di luar rencana, dan meninjau kondisi keuangan secara berkala," katanya.

Baca juga: Anak Muda Sebut Biaya Pernikahan Mahal untuk Kondisi Ekonomi Sekarang

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com