Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Harga Saham Nvidia, Nasdaq Catat Rekor Tertinggi

Kompas.com - 25/05/2024, 09:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

Sumber CNBC


NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham AS atau Wall Street ditutup pada zona hijau di akhir perdagangan Jumat (24/5/2024) waktu setempat. Nasdaq ditutup pada rekor tertinggi baru karena kenaikan saham pembuat chip Nvidia melebihi kekhawatiran bahwa Federal Reserve akan menunda penurunan suku bunga.

S&P 500 naik 0,7 persen, dan ditutup pada level 5.304,72, sedangkan Nasdaq Komposit bertambah 1,1 persen, dan berakhir pada level 16.920,79. Sementara itu, Dow Jones Industrial Average (DJIA) bertambah 4,3 poin, atau 0,01 persen menjadi berakhir pada 39.069,59.

Seminggu ini, S&P 500 hanya naik tipis 0,03 persen. Nasdaq yang padat teknologi mengungguli, dengan kenaikan 1,41 persen. Sementara itu, Dow merosot 2,33 persen dan merupakan pekan negatif pertama dalam lima minggu.

Baca juga: Laporan Pendapatan Nvidia Tak Mampu Jadi Katalis, Wall Street Melemah

Saham Nvidia naik sekitar 2,6 persen pada hari Jumat karena antusiasme terus berlanjut atas laporan pendapatan blockbusternya, mendorong saham di atas level 1.000 untuk pertama kalinya.

Sentimen bullish terhadap AI dan perusahaan teknologi lainnya mendorong pasar bergerak lebih tinggi, bahkan ketika kekhawatiran The Fed tidak akan menurunkan suku bunga pada musim panas ini masih ada.

Setelah beberapa rilis data ekonomi dan tenaga kerja yang kuat minggu ini, Goldman mendorong perkiraan penurunan suku bunga pertama The Fed kembali ke bulan September dari bulan Juli.

“Inflasi kemungkinan akan meningkat pesat pada bulan September, dan pemotongan suku bunga menjadi keputusan yang belum pasti,” tulis ekonom Goldman, David Mericle dikutip dari CNBC.

Baca juga: The Fed Picu Kekhawatiran Inflasi, Wall Street Berakhir Merah

Menurut CME FedWatch Tool, para investor sekarang memperhitungkan kemungkinan kurang dari 50 persen bank sentral akan menurunkan suku bunga pada pertemuan bulan September.

Beberapa saham teknologi menguat pada hari Jumat. Saham Advanced Micro Devices dan Intel naik masing-masing 3,7 persen dan 2,1 persen. Saham Meta dan Netflix juga bertambah masing-masing 2,7 persen dan 1,7 persen.

Kinerja perusahaan teknologi tersebut membantu Nasdaq mencatat rekor penutupannya yang kesebelas tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com