Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Mudah dan Cepat, Pengajuan KPR Online Bisa Jadi Solusi untuk Memiliki Rumah

Kompas.com - 27/05/2024, 16:42 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - KPR online merupakan salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan skema pembayaran kredit di tengah era digitalisasi pelayanan dan produk yang beragam.

Gagasan kredit pemilikan rumah (KPR) yang diajukan secara daring tersebut muncul seiring dengan anggapan bahwa pengajuan KPR secara offline dinilai merepotkan, serta menghabiskan banyak waktu, biaya, dan tenaga.

Sebagai informasi, KPR online adalah proses pengajuan kredit pemilikan rumah secara online (daring) melalui platform digital, seperti aplikasi dan website.

Proses tersebut memungkinkan calon pemohon untuk mengajukan KPR tanpa harus datang ke bank atau kreditur secara langsung. Dengan skema ini, proses pengajuan menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien.

Karena banyak keuntungannya, pengajuan KPR online bisa jadi pertimbangan masyarakat. Mau tahu lebih jauh mengenai keuntungannya? Simak penjelasan berikut.

1. Pengajuan praktis

Calon debitur dapat mengajukan KPR online secara praktis melalui aplikasi atau situs resmi. Calon debitur juga tidak perlu menumpuk sejumlah berkas administrasi yang biasanya berupa lembaran fisik. Sebab, pengajuan KPR online hanya membutuhkan berkas berbentuk softcopy atau digital.

2. Hemat biaya dan tenaga

Selain hemat waktu karena lebih praktis, pengajuan KPR secara online juga dapat menghemat biaya pengeluaran. Tanpa perlu menghabiskan tenaga, apalagi biaya perjalanan, siapa pun hanya perlu mengajukan dengan modal pengumpulan berkas, internet, dan gadget.

3. Waktu dan tempat fleksibel

Calon debitur dapat mengurus pengajuan KPR tanpa terikat dengan jam operasional atau lokasi tertentu, sehingga lebih fleksibel. Sambil rebahan di rumah, santai di kafe, ataupun pada malam hari, calon debitur tetap dapat melakukan pengajuan.

Setelah mengetahui keuntungan pengajuan KPR secara online, kini, saatnya Anda mengetahui cara mengajukan KPR online.

Langkah-langkahnya relatif sederhana. Calon debitur hanya perlu mengakses platform yang menyediakan layanan KPR online. Selanjutnya, mengisi formulir yang disediakan sesuai dengan pilihan KPR yang diinginkan.

Langkah terakhir adalah mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan dan menunggu proses persetujuan dari pihak bank.

Sebagai alternatif, calon debitur dapat memanfaatkan platform yang mewadahi pengajuan KPR secara online sepenuhnya, yakni IDEAL.

IDEAL adalah platform berupa aplikasi dan website yang menyediakan layanan untuk memudahkan pengajuan KPR hingga Pinjaman Multiguna ke berbagai bank secara online.

Saat ini, IDEAL berada di bawah naungan PT Hidup Ideal Sejahtera, yakni perusahaan finansial berbasis teknologi atau sering disebut sebagai fintech company yang bergerak di bidang KPR dan pinjaman bank.

Hingga saat ini, IDEAL telah memiliki enam produk yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen, antara lain KPR Properti Baru (KPR Primary), KPR Properti Secondary (KPR Secondary), Take Over KPR, Pinjaman Multiguna, IDEAL Score, dan IDEAL Pay.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com