Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bersih-bersih di Pantai Teluk Labuan, PGN Dukung Pantai Makin Bersih dan Lestari

Kompas.com - 09/06/2024, 17:48 WIB
Sheila Respati

Penulis

KOMPAS.com -- PT PGN Tbk (PGN) melakukan Coastal Clean Up (CCU) atau Aksi Bersih Pantai di Pantai Teluk Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten. Melalui kegiatan tersebut, perusahaan yang merupakan Subholding Gas PT Pertamina Persero tersebut berhasil membersihkan ratusan kilogram sampah.

Sebagai informasi, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 yang mengangkat tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”.

Dalam pelaksanaan aksi peduli lingkungan dengan program menjaga kebersihan dan kelestarian di Pantai Teluk Labuan, PGN berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemerintah Provinsi Banten, serta Pemerintah Daerah Pandeglang.

Aksi Bersih Pantai dilakukan mulai Rabu (5/6/2024) hingga Jumat (7/6/2024). Pembersihan pantai dilakukan dengan memanfaatkan dua unit alat berat dan 10 armada pengangkut sampah. Penyediaannya bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang.

Baca juga: PGN Tambah Jargas di Kota Semarang, 2.000 Rumah Tangga Bisa Nikmati Gas Bumi

Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PGN Rachmat Hutama pada kesempatan terpisah mengatakan bahwa kegiatan di Pantai Teluk Labuan merupakan aksi bersama yang digalang PGN bersama stakeholder dan masyarakat umum untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Dengan menjaga kebersihan serta kelestarian di garis pantai, maka kita ikut membantu untuk melestarikan ekosistem di lautan dan meminimalisasi pencemaran lingkungan sekitarnya,” ujarnya menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (9/6/2024).

Melalui kegiatan ini, PGN merealisasikan aspek Environmental, Social, dan Government (ESG) pada berbagai kegiatan, termasuk Aksi Bersih Pantai kali ini. Tak hanya itu, PGN ingin membaur dengan masyarakat sekitar dan memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat.

Aksi bersih pantai berhasil membersihkan ratusan kilogram sampah. DOK. PT PGN Tbk Aksi bersih pantai berhasil membersihkan ratusan kilogram sampah.

“Semoga PGN dapat terus konsisten dalam meningkatkan kesadaran dan menyelanggarakan kegiatan yang peduli lingkungan secara rutin dan berkelanjutan,” ujar Rachmat.

Pantai Teluk Labuan memiliki sejarah panjang terkait pengelolaan sampah. PGN ikut tergerak untuk berkegiatan membersihkan sampah di sana.

Dengan kondisi pantai yang bersih, diharapkan wisata pantai serta kuliner laut yang berada di sekitar pantai semakin populer. Dengan begitu, perputaran ekonomi masyarakat melalui hidupnya pariwisata di Pantai Teluk Labuan turut meningkat. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk mengurangi pencemaran yang diakibatkan oleh sampah organik dan non organik.

Baca juga: Integrasi Infrastruktur Berlanjut, PGN Tingkatkan Aliran Gas Bumi hingga 48 BBTUD ke Jateng

Kegiatan bersih pantai ini diharapkan dapat menjadi aksi yang bisa menggugah kesadaran semua pihak untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampai di pantai maupun sungai yang bermuara di lautan. Selain itu, kegiatan ini menjadi ajakan untuk lebih menghargai keindahan pantai.

PGN juga menyadari bahwa sinergi dengan pemerintah juga penting agar menghasilkan solusi dalam mengatasi permasalahan pengelolaan sampah di pantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com