Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Tahan Suku Bunga Acuan Tetap 6 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memutuskan menahan untukmempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 6 persen.

Selain itu suku bunga Deposit Facility juga tetap sebesar 5,25 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75 persen.

"Keputusan diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 20-21 Maret 2019," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Menurut Perry, keputusan tersebut konsisten dengan upaya memperkuat stabilitas eksternal perekonomian, khususnya untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan dalam batas yang aman.

Selain itu juga untuk mempertahankan daya tarik aset keuangan domestik. Sementara itu kebijakan suku bunga dan nilai tukar tetap difokuskan pada stabilitas eksternal.

Bank Indonesia menempuh kebijakan-kebijakan lain yang lebih akomodatif untuk mendorong permintaan domestik di antaranya terus menempuh strategi operasi moneter untuk meningkatkan ketersediaan likuiditas.

Selain itu juga mengakselerasi kebijakan pendalaman pasar keuangan dan memperkuat kebijakan makroprudensial yang akomodatif.

https://money.kompas.com/read/2019/03/21/152242926/bi-tahan-suku-bunga-acuan-tetap-6-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke