Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Rahasia Tommy Soeharto untuk Bisa Jadi Pengusaha Sukses

JAKARTA, KOMPAS.com - Hutomo Mandala Putra atau yang lebih dikenal sebagai Tommy Soeharto merupakan salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Putra bungsu Presiden ke-II RI Soeharto ini memiliki bisnis properti, otomotif hingga bisnis ritel.

Menurut Tommy, jika ingin sukses seperti dirinya, para generasi muda harus terus bersemangat dalam berkarya.

"Tips utamanya harus selalu semangat dan harus berkarya. Berkarya itu bukan hanya bekerja, bekarya yang bisa menghasilkan nilai tambah," ujar Tommy di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Tommy menambahkan, para generasi muda harus selalu optimis dengan bisnis yang digelutinya. Sebab, itu merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan.

"Kita harus berpikirnya ke situ, kalau sudah berpikiran pesimis, udah kecewa, mengeluh, kebanyakan komplain, jangan harap orang bisa maju ," kata Tommy.

Selain itu, pimpinan Partai Berkarya ini juga menitikberatkan masalah kejujuran dalam berbisnis. Menurut dia, kejujuran merupakan kunci untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

"Karena kepercayaan, kejujuran. Itu juga hal yang harus diutamakan. Kalau bisnis udah enggak bisa dipercaya, enggak jujur, jangan harap bisa sukses," ucap dia.

Mengenai masalah modal, lanjut Tommy, itu bukan merupakan sebuah rintangan yang berarti bagi pebisnis. Sebab, jika ada kemauan, pasti bisa mendapatkan pinjaman modal.

"Kalau modal bisa dicarilah. Coba lihat konglomerat yang ada sekarang, itu kan dulunya orangtuanya modal celana kolor juga, tapi bisa jadi konglomerat," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2019/04/11/180000826/ini-rahasia-tommy-soeharto-untuk-bisa-jadi-pengusaha-sukses

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke