Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pariwisata Lesu Terdampak Virus Corona, Ini Upaya yang Dilakukan Wishnutama

Oleh sebab itu, pemerintah mulai mencari stimulus untuk mendongkrak kembali pariwisata di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Wishnutama Kusubandio mengatakan, akan mendorong wisatawan domestik untuk berwisata di dalam negeri. Selain itu, juga diupayakan menarik wisatawan asing dari negara lain dengan cara menambah rute penerbangan baru.

"Kita sudah berkoordinasi dengan beberapa airlines, ke menteri perhubungan juga, untuk mengalihkan atau menambah frekuensi rute pesawat ke Indonesia dari negara lain selain China. Insya Allah akan ada dalam waktu dekat tambahan frekuensi atau tambahan rute dari luar negeri ke Indonesia," ujarnya di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Namun, dirinya belum bisa memastikan negara mana yang akan dijadikan tambahan rute baru frekuensi penerbangan dari maskapai milik Indonesia untuk meningkatkan wisatawan dalam negeri.

"Kita lagi pembahasan teknis ya. Artinya, kalau belum deal kita belum bisa umumin. Tetapi ini juga bukan hal yang mudah karena men-shift rute pesawat itu kan bukan hal yang sederhana. Perlu pembahasan kajian teknis dan sebagainya. Tapi memang akan sesegera mungkin," ujarnya.

"Dengan Garuda kami sudah bicara, dengan internasional airlines kita juga bicara, baru beberapa. Nanti akan ada pertemuan lanjutan, jadi ini belum selesai," lanjut Wishnu.

Selain itu strategi lainnya, pemerintah akan membuat paket wisata yang bakal disubsidi. Namun, wacana tersebut masih dalam pembahasan.

"Saya nggak tahu soal itu, tapi yang kami tahu kami akan buat paket-paket baru. Ya ya, itu sedang kami bahas juga. salah satunya kami akan mencari potensi dari paket-paket wisata," jelasnya.


Membandingkan dengan Thailand yang juga mengalami penurunan drastis jumlah wisatawannya semenjak adanya virus corona, Wishnu menyebut, seat capacity maskapai negara tersebut sebanyak 57 juta orang. Indonesia, lanjut dia, justru angkanya di bawah Thailand.

"Jadi, untuk pada saat kami kalkulasi seat capacity dengan target tahun lalu 20 juta itu sudah nggak nyambung. Kecuali, wisatawan itu seat capacity dengan target tahun lalu 20 juta itu sudah nggak nyambung, kecuali wisatawan suruh berenang ke indonesia," ucapnya.

Pemerintah pun memberikan diskon khusus untuk penerbangan ke Bali, Sulawesi Utara, dan Bintan bagi para wisatawan domestik.

Kebijakan ini dibuat karena ketiga destinasi tersebut mengalami penurunan wisatawan setelah wabah virus Corona membuat pemerintah menutup masuk wisatawan asal China.

"Pemerintah mengambil langkah dari Kementerian Perhubungan, dengan memberikan diskon khusus untuk penerbangan domestik destinasi ke Bali, Sulut dan Bintan," ujar Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko saat rapat koordinasi tingkat menteri di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan, pihaknya sudah membicarakan terkait diskon khusus ini dengan banyak maskapai. Namun berapa persen diskon yang akan diberikan, kata dia, akan dikembalikan kepada kebijakan masing-masing maskapai.

https://money.kompas.com/read/2020/02/07/141400826/pariwisata-lesu-terdampak-virus-corona-ini-upaya-yang-dilakukan-wishnutama-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke