Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelindo Siap “Sulap” Terminal Penumpang Jadi RS Khusus Corona

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelindo III (Persero) mengaku siap mengubah terminal penumpang kapal laut di wilayah timur Indonesia yang dikelolanya untuk dijadikan rumah sakit khusus pasien Covid-19.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah cukup mengkhawatirkan.

Atas dasar itu, pihaknya terpanggil untuk memberikan kontribusi nyata bagi setiap warga.

“Pelindo III berharap berbagai macam bantuan termasuk jika diperlukan mengubah Terminal penumpang menjadi rumah sakit khusus untuk menangani pasien COVID-19, dan semoga apa yang dilakukan ini bisa membantu menanggulangi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia,” ujar Doso dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/4/2020).

Selain itu, lanjut Doso, pihaknya juga telah bekerjasama dengan sebuah hotel di Surabaya untuk menyediakan tempat tinggal bagi para tenaga medis.

“Selain itu, di Surabaya kami bekerja sama dengan sebuah hotel untuk memberikan fasilitas kamar beserta semua akomodasinya gratis bagi dokter dan petugas medis yang ditolak oleh warga sekitar kostnya untuk tinggal maupun menjalani masa karantinanya di sana,” kata Doso.

Pelindo III, kata Doso, bersama BUMN lain dan swasta juga telah mendonasikan lebih dari Rp 27 miliar dalam rangka penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dana tersebut digunakan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, pembangunan ruangan rehabilitasi ruangan isolasi di rumah sakit rujukan, pembentukan satgas Covid-19 di Provinsi Bali, pengadaan alat rapid test, bantuan sarana cuci tangan di tempat umum, masker, hingga cairan sanitasi tangan.

“Komitmen kami tidak hanya cukup pada upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia, terutama di lingkungan kerja. Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami menjamin kelancaran logistik selama 24 jam 7 hari penuh sesuai tugas kami,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2020/04/09/182347226/pelindo-siap-sulap-terminal-penumpang-jadi-rs-khusus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke