Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut Ingin Program Padat Karya Bisa Terealisasi Sebelum Ramadhan

Program ini bertujuan mengurangi angka pengangguran di tengah ketidakpastian ekonomi selama pandemi Covid-19.

Keinginan ini disampaikan Luhut saat menggelar rapat koordinasi virtual antarkementerian dan lembaga yang terkait dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yang membahas perkembangan terkini pelaksanaan program padat karya di 34 provinsi.

"Saya ingin agar program ini bisa direalisasikan hingga April dan Mei 2021 sehingga ketika memasuki bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, mereka para pekerja dari program ini dapat memiliki uang untuk membeli kebutuhan-kebutuhan pokok dan kebutuhan tambahan di hari Lebaran," kata Luhut melalui keterangan di media sosial Facebook-nya, Senin (15/2/2021).

Beberapa program padat karya, seperti terumbu karang, mangrove, desa wisata, dan garam rakyat, akan mulai dilaksanakan untuk menyerap tenaga kerja, khususnya di wilayah padat penduduk.

Contohnya yang sedang berlangsung di Kementerian PUPR, di mana akan mempekerjakan sebanyak 1,2 juta orang dari program padat karya proyek infrastruktur, seperti perbaikan jalan dan drainase.

Luhut juga meminta agar program padat karya menyasar daerah-daerah padat penduduk sehingga bisa menyerap banyak orang dalam program ini.

"Terkait biaya pembebasan lahan bagi proyek prioritas pemerintah untuk wilayah yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi, saya berharap agar pencairannya segera diprioritaskan sehingga uang tersebut bisa dibelanjakan dan perekonomian negeri tetap bergerak menghidupi seluruh masyarakat Indonesia meski dalam keadaan sulit sekalipun," kata Luhut.

https://money.kompas.com/read/2021/02/15/180044426/luhut-ingin-program-padat-karya-bisa-terealisasi-sebelum-ramadhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke