Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KKP Beberkan Penyebab Nelayan Vietnam Gemar Mencuri di Laut Indonesia

Direktur Pemantauan dan Operasi Armada Pung Nugroho Saksono menjelaskan salah satu alasannya adalah lantaran sistem pengelolaan perikanan di Vietnam yang masih belum terkontrol.

"Nelayan Vietnam sering menurunkan trol atau jaring besar untuk menangkap ikan, hasilnya memang bagus karena jaring aktif, tapi ujung-ujungnya terumbu karang jadi habis. Nah, kalau terumbu karang habis, ikan akan lari ke tempat yang terumbu karangnya ada, makanya ikan lari dari Vietnam ke Indonesia," ujarnya dalam Podcast PSDKP: Illegal Fishing di Laut Natuna, yang disiarkan secara virtual, Rabu (5/5/2021).

Dia bilang sifat ikan tergantung pada bagaimana keinginannya untuk berkembang biak.

Oleh sebab itu, kata dia, ketika laut Vietnam sudah tidak rata atau kehilangan terumbu karang, ikan tidak memiliki tempat persembunyian, sehingga ikan-ikan di laut Vietnam hilang.

Sebelumnya pada April yang lalu, Ditjen PSDKP KKP menangkap 5 kapal ikan asing ilegal berbendera Vietnam di Laut Natuna Utara.

Sedikit berbeda dalam modus operasinya, para pencuri ikan ini mengincar cumi sebagai komoditas sasaran.

https://money.kompas.com/read/2021/05/05/120551926/kkp-beberkan-penyebab-nelayan-vietnam-gemar-mencuri-di-laut-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke