Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Aset Kripto Berkinerja Lebih Baik dari Bitcoin, Apa Saja?

Padahal secara keseluruhan, saat ini terdapat lebih dari 10.000 jenis mata uang kripto yang diperdagangkan, berdasarakan data CoinMarketCap.

Dilansir dari CNN, Kamis (17/6/2021), bahkan mata uang kripto selain bitcoin dan ethereum yang kerap disebut sebagai koin alternatif atau altcoin, memiliki penggunaan yang spesifik untuk industri tertentu.

Hal tersebut berbeda dengan aset kripto kesayangan Elon Musk, dogecoin, yang mulanya diciptakan hanya sebagai lelucon atau meme di internet.

Setidaknya, ada dua altcoin yang disebut memiliki kinerja lebih baik ketimbang bitcoin atau aset kripto populer lain seperti ethereum dan dogecoin.

Keduanya saling berkaitan, dan umumnya digunakan oleh para pembuat konten (content creator) online, yakni Theta dan Theta Fuel.

Sepanjang tahun 2021 ini, harga Theta telah melesat 400 persen, sementara Theta Fuel melejit hingga 1.200 persen.

Keduanya berada dalam jaringan blockchain yang disebut dengan Theta Network. Jaringan tersebut bisa digunakan oleh pengguna PC dengan bandwith yang belum digunakan untuk berbagai layanan video streaming satu sama lain.

Imbal hasil dari berbagi layanan video streaming tersebut, para pengguna jaringan dapat menambang koin.

Theta pun mendapatkan dukungan yang kuat dari dunia media digita, termasuk di antaranya adalah salah satu pendiri Youtube, Steve Chen serta pendiri Twitch Justin Kan. Keduanya merupakan bagian dari dewan penasihat Theta.

Di sisi lain, beragam jenis altcoin lain juga mulai dilirik oleh komunitas mata uang kripto. Banyak dari investor pun menilai, saat ini adalah permulaan dari perkembangan banyak mata uang kripto alternatif.

"Saat ini masih permulaan dari jaringan blockchain. Banyak di antaranya yang masih dalam proses pengembangan," ujar pendiri sekaligus CEO Osprey Funds Greg King.

"Tak semuanya mencoba meniru bitcoin," jelas dia.

King mengatakan, ia saat ini sedang focus dengan dua jenis aset kripto, yakni polkadot dan algorand.

Menurut King, polkadot adalah jaringan blockhain yang membantu mengubungkandua jaringan yang berbeda dan menransfer koin di antara keduanya.

Sementara algorand adalah sejenis aset kripto ramah lingkungan bila dibandingkan dengan bitcoin. Bitcoin sendiri saat ini tengah mendapatkan sorotan karena penggunaan energi untuk menambang yang cukup besar.

Bahkan bitcoin baru-baru ini mendapat kritik dari Elon Musk.

Menurut King, seharusnya investor lebih fokus pada jenis-jenis mata uang kripto alternatif seperti algorand dan polkadot. Sebab, keduanya memiliki kegunaan dan tidak terjebak pada tren seperti dogecoin.

"Aset kripto meme sedikit mengganggu, namun hal itu saya pikir merupakan salah satu bentuk dari kebebasan aset kripto," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2021/06/17/152645426/ada-aset-kripto-berkinerja-lebih-baik-dari-bitcoin-apa-saja

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+